Nasional

Mahfud MD Resmi Mundur, Sampaikan Hal Penting Ini Ke Jokowi

Mahfud MD Resmi Mundur, Sampaikan Hal Penting Ini Ke Jokowi
Mahfud MD resmi mundur dari jabatannya sebagai Menkopolhukam dengan menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Mahfud MD resmi mundur dari jabatannya sebagai Menkopolhukam (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan) dengan menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Mahfud telah menyatakan akan mengundurkan diri sebagai Menkopolhukam kepada publik pada Rabu, 31 Januari 2024.

Namun, Mahfud MD baru menyerahkan secara langsung surat pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo pada Kamis, 1 Februari 2024 di Istana Negara, Jakarta.

Ia memberikan surat pengunduran dirinya dengan didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan pertemuan tersebut berlangsung singkat selama 10 menit.

Mahfud MD juga menyampaikan permintaan maaf kepada Jokowi dalam pertemuan di Istana Negara itu.

"Saya mohon maaf kepada Beliau kalau memang ada masalah-masalah yang kurang saya laksanakan dengan baik," ucap Mahfud usai bertemu Jokowi di Istana Negara pada Kamis, 1 Februari 2024.

Calon wakil presiden nomor 3 itu menyebut pertemuan dengan Presiden Joko Widodo berlangsung cair dan penuh kegembiraan tanpa adanya ketegangan.

"Alhamdulillah Bapak Presiden sama dengan saya, kita bicara dari hati ke hati, penuh dengan kekeluargaan, sama-sama tersenyum, tidak ada ketegangan apa pun, kita tersenyum, bergembira, bercerita masa lalu, ketika kita mulai bekerja," tutur Mahfud MD.

Mahfud MD juga menyampaikan isi surat pengunduran dirinya usai bertemu Jokowi di Istana Negara dan menyebut 3 poin penting dalam suratnya.

Pertama, ia mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah mengangkat dan melantik dirinya sebagai Menkopolhukam pada 23 Oktober 2019.

"Pertama saya ucapkan terima kasih ke presiden RI, Pada tanggal 23 Oktober tahun 2019 telah mengangkat saya, melantik sebagai Menkopolhukam dan menyerahkan SK dengan penuh penghormatan. Saya secara resmi, dan dengan penuh hormat juga, menyerahkan surat pengunduran diri,” ucapnya.

Kedua, substansi berisi surat permohonan berhenti.

Ketiga, permohonan maaf Mahfud MD kepada Presiden Jokowi jika ada masalah-masalah yang belum dilaksanakan selama ia menjabat sebagai Menkopolhukam.

“Ketiga, saya mohon maaf kepada beliau, kalau ada yang kurang, saya laksanakan dengan baik,” kata Mahfud.

Diketahui, wacana pengunduran diri Mahfud MD sebagai Menkopolhukam sudah lama diketahui beberapa pekan lalu.

Alasan pengunduran diri Mahfud MD ini karena dirinya yang kini mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden nomor 3 bersama Ganjar Pranowo. (inm)

Berita Terkait