Nasional

Baru Diluncurkan, Presiden Jokowi Berikan Fasilitas Golden Visa Kepada Shin Tae-yong

Baru Diluncurkan, Presiden Jokowi Berikan Fasilitas Golden Visa Kepada Shin Tae-yong
Presiden Jokowi menyerahkan Golden Visa kepada Shin Tae-yong. (Foto:Screenshot YouTube Sekretariat Presiden)

PASUNDAN EKSPRES - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mendapat fasilitas Golden Visa dari Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi resmi meluncurkan Golden Visa Indonesia di Grand Ballroom, The Ritz-Carlton, Jakarta pada Kamis (25/7).

Jokowi mengungkapkan peluncuran Golden Visa ini bertujuan untuk mempermudah proses izin tinggal bagi investor dan talenta global yang ingin berkontribusi di Indonesia.

Oleh karena itu, Presiden memberikan kesempatan bagi warga negara asing (WNA) secara perorangan untuk mendapatkan izin tinggal di Indonesia selama lima tahun dengan berinvestasi melalui Golden Visa ini.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi memberikan langsung Golden Visa kepada salah satu WNA yang berhak menerima fasilitas tersebut, yakni Shin Tae-yong.

Coach STY mendapat kehormatan menerima Golden Visa dari Presiden atas prestasinya membawa Timnas Indonesia dengan menembus Piala Asia bagi tim senior dan menjadi semifinalis Piala Asia U-23.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku tidak menyangka mendapat Golden Visa dan hal itu sangat berarti untuknya.

"Jujur, sebelumnya nggak tahu ada golden visa, dengan begitu tahu, Coach pertama kali dikontak untuk mendapatkan golden visa. Ya sedikit bingung juga. Tapi dengan tahu seperti itu, apalagi deg-degan diserahkan oleh Presiden langsung, ya sangat senang dan berarti," ucap Coach Shin, dikutip dari detikcom, Jumat (26/7).

Kendati demikian, Presiden Jokowi menegaskan pelaksanaan program ini harus diseleksi secara ketat dan para WNA yang menerima Golden Visa akan dievaluasi setiap tiga bulan sekali.

"Tapi ingat, hanya untuk good quality travelers, sehingga harus benar-benar selektif, benar-benar diseleksi, harus benar-benar dilihat kontribusinya. Jangan sampai justru meloloskan orang-orang yang membahayakan keamanan negara, meloloskan orang-orang yang tidak memberi manfaat secara nasional," ucap Jokowi, dilansir dari Humas Setkab RI, Jumat (26/7).

Melalui program Golden Visa, Presiden Jokowi berharap hal ini agar segera disebarluaskan dan disosialisasikan kepada masyarakat.

"Saya juga berharap fasilitas Golden Visa Indonesia ini segera disebarluaskan dan segera disosialisasikan. Lakukan secara masif lewat berbagai kanal, sehingga dapat terjangkau lebih banyak top investor dan top global talent," harapnya. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua