Nasional

Belum Keluar Surat Pemberhentian dari Erick Thohir, Ahok Akui Belum Bisa Berkampanye

Belum Keluar Surat Pemberhentian dari Erick Thohir, Ahok Akui Belum Bisa Berkampanye
Ahok mengaku belum bisa berkampanye lantaran surat pemberhentiannya sebagai Komut PT Pertamina (Persero) belum keluar. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku belum bisa berkampanye saat ini lantaran surat pemberhentiannya sebagai Komut PT Pertamina (Persero) belum keluar.

Ahok diketahui mengundurkan diri sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero) pada 2 Februari 2024 sebab dirinya mendukung pasangan calon presiden-wakil presiden nomor 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Namun, politisi PDIP itu mengaku bahwa dirinya belum bisa berkampanye saat ini meski telah mundur dari jabatannya.

Hal ini disebabkan surat pemberhentiannya sebagai Komisaris Utama belum dikeluarkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

“Saya belum boleh berkampanye, ini saya jelasin. Peraturan BUMN, saya kan taat konstitusi, bukan konstituen makanya. Kadang-kadang orang suka marah sama saya,” ucap Ahok dalam acara bertajuk 'Ahok Is Back' di Warunk Wow, Jakarta Selatan, pada Kamis, 8 Februari 2024.

Ahok menyebut dirinya sudah mengajukan pengunduran diri sebagai Komut PT Pertamina pada awal bulan Februari, namun sampai saat ini, surat tersebut belum diterbitkan oleh Erick Thohir selaku Menteri BUMN.

Oleh karena itu, ia mengaku tidak berani berkampanye secara langsung untuk paslon nomor 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Pak Erick nggak mau keluarkan surat berhenti saya ini. Belum keluar ini (suratnya). Kalau dia keluarkan saya (surat terbit) otomatis berhenti 30 hari kemudian. Makanya saya nggak berani kampanye," tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa dirinya tetap taat pada aturan dengan tidak pernah mengajak atau berkampanye memilih Ganjar-Mahfud, meski masyarakat telah mengetahui kemana dirinya sekarang memihak.

"Makanya kalau saya kampanye itu kena pelanggaran. Jadi aku nggak kampanye, aku nggak nyuruh kalian pilih siapa kok. Tapi kalian sudah tahu maksud gue kemana haha," ujarnya.

Sebagai informasi, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyampaikan pengunduran dirinya sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero) yang disampaikan melalui akun Instagram miliknya, @basukibtp pada 2 Februari 2024.

"Unggahan ini merupakan bukti tanda terima surat pengunduran diri saya sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024," tulis Ahok dalam akun Instagramnya.

Berita Terkait