Nasional

Ratusan Massa lakukan Demo 'Tritura' di Depan Gedung DPR Hari Ini

demo
Puluhan massa lakukan demo tritula di depan gedung DPR untuk mendukung hak angket atas kecurangan pemilu 2024. (Dok Kompas.com/SHINTA AYU DWI)

PASUNDAN EKSPRES - Ratusan massa lakukan demo tritula di depan gedung DPR untuk mendukung hak angket atas kecurangan pemilu 2024. 

Aksi tersebut langsung diamankan oleh Polres Jakarta Pusat yang mengerahkan 2.500 pasukan untuk mengamankan kegiatan tersebut. 

Hari ini, telah dijadwalkan akan ada demostrasi di depan gedung DPR dengan tema 'aksi rakyat semesta geruduk DPR RI'.

Selain itu, aksi tersebut membawa tiga perkara atau 'tritura' yang mereka demokan. Mulai dari pemakzulan Jokowi, dukungan hak angket dan turunkan harga sembako. 

Saat ini aksi tersebut sedang berlangsung, karna demo tersebut telah dimulai 1 jam yang lalu dari berita ini diterbitkan. 

Polres Metro Jaya Jakarta Pusat telah menurunkan 2.590 personel gabungan untuk mengamankan demo. 

"Untuk aksi unjuk rasa hari ini sudah kami antisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa masuk ke dalam kawasan DPR/ MPR RI," kata Susatyo di Jakarta, Jumat.

Saat ini arus lalu lintas masih berjalan lancar, dan aksi unjuk rasa tersebut juga berjalan tertib. 

Relawan Anies Ikut Demo di Depan Gedung DPR 

AREA (Aliansi Relawan Anies) ikut berunjuk rasa di depan Gedung DPR Jumat, 1 Maret 2024. 

Ada sekitar 9 bus dengan masing-masih 50 orang di dalamnya yang akan turut serta turun ke jalan untuk melakukan demo Tritula. 

"Masa yang akan turun ada sembilan bus, masing-masing mengangkut 50 orang kurang lebih," ujar Amaludin Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) AREA

Tujuan utama untuk melakukan unjuk rasa ini adalah untuk mewakili seluruh rakyat Indonesia yang merasa janggal dengan hasil pemilu 2024. 

"Kami tidak terima pemilu curang. Sangat curang!" lanjut dia.

Amaludin mengatakan massa yang datang hanya ingin mewakili keresahan rakyat untuk mendapatkan keadilan, serta menjaga ketertiban bersama. 

Berita Terkait