Nasional

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar, Lebih Baik dari Seribu Bulan

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar
Malam Lailatul Qadar Mencari Keberkahan Sepuluh Hari Terakhir di Bulan Suci Ramadhan (Malam Lailatul Qadar di Bulan Suci Ramadhan)

PASUNDAN EKSPRES - Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh berkah dan kemuliaan yang dinanti-nantikan oleh umat Islam di bulan Ramadhan. Allah SWT memberikan keistimewaan luar biasa pada malam ini, salah satunya dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Qadr:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS Al-Qadr [97]: 1-5)

Berikut beberapa keistimewaan malam Lailatul Qadar

1. Lebih Baik Dari Seribu Bulan

Malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang luar biasa, yaitu lebih baik dari seribu bulan. Artinya, pahala ibadah yang dilakukan pada malam ini dilipatgandakan hingga berlipat ganda, setara dengan pahala ibadah selama seribu bulan (83 tahun 4 bulan).

2. Turunnya Malaikat dan Jibril

Pada malam Lailatul Qadar, Allah SWT menurunkan malaikat dan Jibril ke bumi dengan izin-Nya. Mereka turun untuk mengatur segala urusan dan membawa rahmat serta keberkahan bagi umat manusia.

BACA JUGA:Makna Malam Lailatul Qadar bagi Umat Muslim!

3. Malam Penuh Kesejahteraan

Malam Lailatul Qadar diliputi dengan kedamaian dan kesejahteraan. Allah SWT memberikan ketenangan dan kebahagiaan bagi hamba-Nya yang beribadah pada malam ini.

4. Diampuni Dosa-Dosa yang Terdahulu

Bagi hamba-Nya yang beribadah dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan pada malam Lailatul Qadar, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa mereka yang telah lalu.

5. Malam Pencatatan Takdir Tahunan

Menurut beberapa ulama, malam Lailatul Qadar juga merupakan malam di mana Allah SWT mencatat takdir seluruh manusia untuk satu tahun ke depan.

6. Malam yang Misterius

Meskipun memiliki keistimewaan yang luar biasa, Allah SWT tidak menjelaskan secara gamblang kapan tepatnya malam Lailatul Qadar terjadi. Hal ini dimaksudkan agar umat Islam selalu bersemangat dan meningkatkan ibadah di setiap malam bulan Ramadhan.

7. Dianjurkan Memperbanyak Ibadah

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada malam Lailatul Qadar, seperti salat malam, membaca Al-Qur'an, berdoa, dan melakukan amalan kebaikan lainnya.

BACA JUGA:Cara Mengelola THR Anda dengan Cermat, Aman Mudik dan Tetap Bisa Menabung

Dengan mengetahui keistimewaan malam Lailatul Qadar, marilah kita meningkatkan ibadah dan memperbanyak amalan kebaikan di bulan Ramadhan, khususnya pada malam-malam terakhir, dengan harapan dapat meraih malam yang penuh berkah dan kemuliaan ini.

Berita Terkait