Nasional

Hasil Sementara KPU Dapil Jawa Barat IX: Golkar Raih Dua Kursi, Enam Partai Masing-masing Satu Kursi DPR RI

Gedung DPR RI di Jakarta. Alokasi kursi DPR RI dapil Jabar IX sebanyak 8 kursi. (Istimewa)
Gedung DPR RI di Jakarta. Alokasi kursi DPR RI dapil Jabar IX sebanyak 8 kursi. (Istimewa)

SUBANG-Berdasarkan data sementara dari KPU, Golkar meraih dua kursi di dapil Jawa Barat IX (Subang, Majalengka dan Sumedang). Sementara enam partai lain masing-masing meraih satu kursi.

Enam partai yang berbagi masing-masing satu kursi tersebut antara lain PDIP, Gerindra, PKS, PAN, PKB dan NasDem. 

Diketahui, total alokasi kursi dari dapil Jawa Barat IX sebanyak 8 kursi. 

Kesimpulannya, berdasarkan data KPU yang masuk dari 7039 TPS dari total TPS dapil SMS sebanyak 12.416 TPS atau 56,69 persen, dari dapil Jabar IX hanya ada tujuh partai saja yang memiliki kursi di Senayan. 

Hasil perolehan kursi itu keluar berdasarkan perhitungan parliamentary threshold (di atas ambang batas 4 persen suara partai secara nasional) dan menggunakan metode Sainte Lague yang telah diolah Pasundan Ekspres, pada Senin pagi (19/2/2024) pukul 10.00.

Adapun nama-nama caleg yang berpotensi lolos yakni mereka yang meraih suara tertinggi di tiap partai, setelah digunakan  perhitungan parliamentary threshold dan metode Sainte Lague.

Sehingga untuk sementara,  ada delapan caleg yang berpotensi lolos ke DPR RI dari dapil Jabar IX. Antara lain Galih Dimuntur Kartasasmita (Golkar), Hj Itje Siti Dewi Kuraesin (Golkar), TB Hasanuddin (PDIP), Dr Jefry Romdonny (Gerindra), Ateng Sutisna (PKS), Farah Puteri Nahlia (PAN), Agus Salim (PKB) dan Ujang Bey (NasDem).(ysp)

Berita Terkait