Nasional

Digelar di 2 Lokasi Berbeda, Berikut Rangkaian Acara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN dan Jakarta

Digelar di 2 Lokasi Berbeda, Berikut Rangkaian Acara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN dan Jakarta
Rangkaian Acara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN dan Jakarta. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

PASUNDAN EKSPRES - Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan sejumlah rangkaian acara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN dan Jakarta.

Hal ini disampaikan dalam konferensi pers terkait agenda Bulan Kemerdekaan Tahun 2024 dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada Kamis (1/8).

Pratikno menyebut, peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di tahun ini menjadi istimewa sebab akan dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yakni Istana Negara, Jakarta dan IKN (Ibu Kota Nusantara), Kalimantan Timur.

Adapun peringatan HUT RI ke-79 ini mengambil tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" sekaligus momentum transisi perpindahan pemerintahan.

"Temanya Nusantara Baru Indonesia Maju yang sudah dirilis pada tanggal 24 Juni yang lalu dan ini sekaligus menunjukkan transisi perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara dan sekaligus juga ini adalah transisi untuk keberlanjutan pemerintahan ke pemerintah yang baru nanti," ucap Pratikno di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, dikutip dari laman resmi Sekretariat Negara, Senin (5/8).

Pemerintah memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara bendera di IKN dan Istana Negara dapat mendaftarkan diri melalui situs pandang.istanapresiden.go.id yang dibuka pada 5 Agustus 2024.

Namun, undangan peserta upacara bendera di IKN akan dilaksanakan secara terbatas mengingat infrastruktur dan sarana serta prasarana di IKN masih terbatas pula.

Melalui konferensi pers, Mensesneg menyampaikan sejumlah rangkaian acara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN dan Jakarta.

Rangkaian bulan Kemerdekaan tahun ini akan diawali dengan dzikir dan doa kebangsaan yang telah dilaksanakan pada Kamis, (1/8) malam di Istana Merdeka, Jakarta.

Setelah itu, rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-79 dilanjutkan dengan pengukuhan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo yang rencananya akan dilakukan di IKN.

Berikut rangkaian acara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN dan Jakarta dilansir dari laman resmi Sekretariat Negara.

1. Doa dan Zikir Kebangsaan

2. Pengukuhan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo

3. Upacara penganugerahan tanda kehormatan di Istana Negara, Jakarta

4. Pidato kenegaraan dan penyampaian RAPBN dan nota keuangan di Gedung Nusantara, Gedung MPR, DPR, DPD

5. Pelaksanaan apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) pada 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WIB yang dilaksanakan di dua tempat sekaligus, yakni Taman Kusuma Bangsa, IKN dan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta

6. Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia akan dilakukan di IKN dengan waktu pelaksanaan mengikuti waktu Indonesia Barat yang dipimpin Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara

7. Pelaksanaan upacara bendera di Istana Negara mengikuti tata upacara militer di IKN

8. Upacara penurunan bendera sang merah putih diselenggarakan di dua tempat yaitu IKN dan halaman Istana Merdeka, Jakarta

Agenda Tambahan

1. Prosesi kirab pengiriman duplikat bendera pusaka dan naskah proklamasi dari Monas ke IKN

2. Pameran arsip kepresidenan yang diselenggarakan di Galeri Emiria Soenassa, Taman Ismail Marzuki akan memamerkan arsip dan memorabilia sejarah panjang ibu kota negara Indonesia.

 

Demikian informasi mengenai rangkaian acara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN dan Jakarta. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua