Nasional

Jokowi Batal Ngantor di IKN Bulan Juli ini, Padahal Rencana sudah Dijadwalkan

Jokowi Batal Ngantor di IKN Bulan Juli ini, Padahal Rencana sudah Dijadwalkan
Jokowi Batal Ngantor di IKN Bulan Juli ini, Padahal Rencana sudah Dijadwalkan (Image From:The Jakarta Post)

PASUNDAN EKSPRES - Jokowi batal ngantor di IKN bulan Juli ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan rencana untuk menempati kantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada bulan ini.

Meskipun pembangunan IKN Nusantara sebagai ibu kota baru Indonesia sedang berjalan, tampaknya masih terdapat beberapa kendala terkait infrastruktur dasar yang belum selesai sesuai rencana.

Jokowi Batal Ngantor di IKN Bulan Juli ini

Akibatnya, Presiden Jokowi terpaksa harus menunda rencana untuk memindahkan kantornya ke IKN Nusantara pada waktu yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Pernyataan mengenai pembatalan rencana Presiden Jokowi untuk menempati kantor di IKN Nusantara pada bulan ini diungkapkan oleh Jokowi sendiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden setelah ia menghadiri acara pelepasan bantuan kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afghanistan di Pangkalan Udara TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada hari Senin tanggal 8 Juli 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa berbagai infrastruktur dan fasilitas yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan aktivitas perkantoran di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara masih belum memadai.

BACA JUGA: Lepas Kontingen ke Olimpiade Paris 2024, Presiden Jokowi: Harumkan Nama Indonesia di Mata Dunia

BACA JUGA: Apresiasi Indonesia Bela Palestina, Grand Syekh Al Azhar Serukan Kerukunan Umat Beragama

Hal ini disampaikan Jokowi menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar di Provinsi Kalimantan Timur.

"Apakah airnya sudah siap? Apakah listriknya sudah siap? Apakah tempatnya sudah siap? Jika belum siap, tentu kita tidak akan pindah," kata Jokowi dikutip AyoBandung pada Kamis (11/7). 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk mulai menjalankan aktivitas perkantoran di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada bulan Juli 2024.

Rencana ini direncanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia.

Namun, keputusan Jokowi untuk segera pindah berkantor ke IKN Nusantara harus ditunda. Hal ini disebabkan karena kondisi infrastruktur dan fasilitas pendukung di ibu kota baru tersebut belum optimal atau belum sepenuhnya siap.

Namun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjamin bahwa upacara pengibaran bendera pada tanggal 17 Agustus tetap akan dilaksanakan di IKN Nusantara.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyatakan bahwa sarana dan prasarana yang ada di IKN saat ini sudah siap untuk mendukung penyelenggaraan upacara bendera HUT ke-79 Republik Indonesia.

Bahkan, Basuki memprediksikan bahwa seluruh fasilitas dan infrastruktur di IKN akan rampung sepenuhnya menjelang akhir bulan Juli 2024.

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua