Nasional

Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang, Menteri PANRB Pastikan Pelamar Tidak Ada yang Dirugikan

Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang, Menteri PANRB Pastikan Pelamar Tidak Ada yang Dirugikan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas (Foto: laman resmi Kementerian PANRB)

PASUNDAN EKSPRES - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas merespons soal kendala yang dialami pelamar seleksi CPNS 2024.

Diketahui, pendaftaran CPNS 2024 resmi diperpanjang hingga 10 September 2024 setelah sejumlah pelamar mengalami permasalahan pada e-Meterai dikarenakan stok habis di PERURI.

Stok e-Meterai yang habis di PERURI serta di sejumlah website resmi yang menjual e-Meterai membuat masyarakat beramai-ramai protes terhadap aturan ini yang membuat sejumlah pelamar dirugikan.

BACA JUGA:Ditutup 6 September, Ini 10 Instansi Pusat dan Daerah yang Paling Diminati Pelamar CPNS 2024

Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa pemerintah terus berkoordinasi dalam mencarikan solusi terbaik agar tidak ada pelamar yang dirugikan, salah satunya yaitu dengan memperpanjang masa pendaftaran seleksi CPNS.

"Kami terus berkoordinasi dengan masalah yang terjadi di lapangan dengan Badan Kepegawaian Negara dan PERURI. Salah satu opsi yang pemerintah ambil adalah dengan memperpanjang masa pendaftaran Seleksi CASN hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB," ucap Anas di Jakarta, dilansir dari laman resmi Kementerian PANRB, Jumat (6/9).

Sebelumnya, masa pendaftaran seleksi CPNS 2024 melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) akan berakhir pada 6 September 2024 pukul 23.59 WIB. 

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Ditutup 6 September, 2 Instansi Ini Dapat Pengecualian

Namun dalam pelaksanaannya, terjadi kendala teknis dalam perihal pembelian dan pemanfaatan e-Meterai yang tentunya menghambat proses penyelesaian pendaftaran para peserta seleksi CPNS.

"Terkait hal ini, kami juga terus berkoordinasi dengan PERURI sebagai instansi pengampu meterai elektronik untuk segera mengatasi kendala yang terjadi serta juga menyiapkan opsi lainnya. Yang dapat dipastikan adalah keputusan yang diambil pemerintah tidak akan merugikan pelamar seleksi CPNS," imbuh Anas.

Oleh karena itu, Anas meminta kepada seluruh pelamar untuk dapat menyiapkan berkas pendaftaran dengan lebih seksama dan detail agar tidak terjadi kesalahan. 

BACA JUGA:Pelamar CPNS 2024 Tembus 2 Juta Lebih, Ini 10 Instansi Pusat dan Daerah yang Sepi Peminat

Hal ini dilakukan sembari menunggu perbaikan terkait pembelian dan pemanfaatan e-Meterai.

Sementara itu, Direktur Utama PERURI Dwina Septiani Wijaya menyampaikan bahwa PERURI telah berupaya maksimal untuk memulihkan layanan e-Meterai yang mengalami lonjakan penggunaan yang cukup tinggi menjelang penutupan masa pendaftaran seleksi CPNS 2024. 

Hal ini mengakibatkan pelambatan hingga tidak dapat diaksesnya layanan e-Meterai, namun kini layanan tersebut telah dapat diakses kembali pada 5 September.

"Saat ini (5/9) layanan meterai elektronik untuk CPNS sudah dapat diakses kembali dan PERURI berkomitmen untuk memastikan ketersediaan meterai eletronik bagi semua pelamar CPNS," ucap Dwina.

BACA JUGA:Ketahui 7 Dokumen Persyaratan Daftar CPNS 2024, Jangan Sampai Terlewat!

Adapun perpanjangan masa pendaftaran CPNS 2024 tercantum dalam Surat Kepala BKN 5900/B-KS.04.01/SD/K/2024 tertanggal 5 September 2024 tentang Penyesuaian Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS T.A 2024.

Perpanjangan ini juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat mengikuti seleksi CPNS tahun ini. 

Pelamar seleksi CPNS juga diminta agar dapat memanfaatkan kesempatan perpanjangan waktu pendaftaran dengan maksimal.

Sementara itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan para pelamar CPNS 2024 dapat memilih menggunakan meterai tempel atau e-Meterai. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua