Nasional

Upacara Pembukaan PON XXI 2024 Siap Dibuka Presiden Joko Widodo Hari Ini

Upacara Pembukaan PON XXI 2024 Siap Dibuka Presiden Joko Widodo Hari Ini
Logo PON XXI 2024 Aceh-Sumut (Foto:laman resmi KONI Asahan)

PASUNDAN EKSPRES - Upacara pembukaan PON (Pekan Olahraga Nasional) XXI 2024 Aceh-Sumut siap dibuka Presiden Joko Widodo pada hari ini, Senin (9/9/2024) malam.

Adapun upacara pembukaan PON XXI akan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa dengan kapasitas sekitar 14.000 penonton yang dijadwalkan dimulai setelah salat Isya.

Selain itu, pembukaan pesta olahraga akbar ini juga akan dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yakni Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh dan Stadion Baharuddin Siregar, Sumatera Utara.

BACA JUGA:Penutupan WJF 2024, Bey Machmudin Gelorakan Semangat Jabar "Hattrick" Juara Umum PON 2024

Kedua venue ini akan saling terhubung dalam satu rangkaian acara yang tentunya menjadi sejarah baru dalam pelaksanaan PON di tahun ini.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan persiapan untuk penyelenggaraan pertandingan telah mencapai tahap final sehingga seluruhnya telah siap, bahkan pertandingan beberapa cabang olahraga sudah dimulai lebih dulu.

Menurutnya, persiapan dan penyelenggaraan PON XXI 2024 Aceh-Sumut merupakan sesuatu yang luar biasa karena pertama kalinya dilakukan di dua provinsi sekaligus.

BACA JUGA:Kabupaten Gianyar Kirim 70 Atlet di PON XXI 2024

"Karena kolaborasi yang baik dan komunikasi yang baik, tantangan-tantangan PON yang dilakukan di dua daerah provinsi ini yang dilakukan sementara semua sesuai target dan tercapai," ucap Dito Ariotedjo, dikutip dari laman resmi Kemenpora, Senin (9/9).

Dalam upacara pembukaan PON XXI 2024, para duta besar dari negara-negara sahabat juga akan diundang untuk menambah unsur diplomasi dan persahabatan internasional dalam acara ini.

Sejumlah penampilan pun siap ditampilkan dalam upacara pembukaan PON XXI 2024 dengan membawakan tarian kolosal yang akan memfokuskan pada sosok pahlawan perempuan legendaris Aceh, Laksamana Malahayati, yang dinilai mempromosikan semangat kepahlawanan perempuan.

Selain itu, rangkaian seremoni akan dilanjutkan dengan pesta kembang api sebanyak dua kali yang dilakukan pada penutupan acara sekitar pukul 22.30 WIB.

PON XXI 2024 Aceh-Sumut diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi olahraga, tetapi juga perayaan keberagaman budaya dan warisan nasional Indonesia. 

Pembukaan yang megah dan sarat dengan nuansa tradisi lokal Aceh akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Sementara itu, PON XXI 2024 secara resmi digelar pada 9-20 September 2024. PON pada tahun ini mempertandingkan sebanyak 65 cabang olahraga yang melibatkan hampir 13.000 atlet. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua