News

Pilkada Purwakarta: Elektabilitas Om Zein-Abang Ijo 53,4 Persen

Pilkada Purwakarta
ELEKTABILITAS: Om Zein-Abang Ijo saat mendaftar calon bupati dan wakil bupati Purwakarta. Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia Network Denny JA menyebutkan elektabilitas Saepul Bahri Alias Om Zein melesat tinggi mengalahkan Anne Ratna Mustika.

PURWAKARTA-Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Denny JA menyebutkan elektabilitas Saepul Bahri Alias Om Zein melesat tinggi mengalahkan Anne Ratna Mustika. 

Dari survei tiga bulan sebelumnya, yakni pada Juni 2024, elektabilitas Om Zein masih 27,7 persen, berada di bawah Anne Ratna Mustika yang mencapai 32,7 persen. Akan tetapi, kini Om Zein melesat ke posisi 46,1 persen, sementara elektabilitas Ambu Anne terjun bebas ke posisi 29,3 persen. 

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI, Toto Izul Fatah menjelaskan, dalam simulasi pasangan pun, Om Zein-Abang Ijo unggul dengan elektabilitas 53,4 persen, jauh meninggalkan seluruh pasangan calon lainnya. 

Disebutkannya, pasangan Anne Ratna Mustika-Budi Hermawan merosot ke 25,2 persen. Sementara pasangan lainnya, Yadi Rusmayadi-Pipin Sopian 15,2 persen dan Zainal Arifin-Sona Maulida 4,1 persen.

“Dari data terbaru LSI Denny JA itu, saya harus sampaikan, jika tak ada tsunami politik, pasangan Om Zein-Abang Ijo yang potensial memenangkan kontestasi pada Pilkada Purwakarta November mendatang,” katanya kepada wartawan, Rabu (11/9).

Lebih lanjut Toto menyebutkan, peluang duet Om Zein-Abang Ijo ini sangat besar karena memiliki tren naik dari survei sebelumnya. Sebaliknya, kompetitor utamanya, pasangan Anne Ratna-Budi Hermawan punya tren menurun. 

Dari pengalaman selama ini, lanjut dia, calon yang memiliki elektabilitas dengan tren turun, biasanya akan terus menurun.

“Tidak mudah buat kandidat yang punya tren turun untuk rebound. Ini sama seperti terjadi pada Ganjar-Pranowo di Pilpres. Dari sebelumnya memimpin di atas Prabowo, tapi berikutnya turun dan terus menurun sampai ke 16 persenan. Perlu kerja ekstra agar pasangan Anne Ratna-Budi bisa rebound,” ujarnya.(add/ysp)

Elektabilitas Calon Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta
Om Zein-Abang Ijo                                 : 53,4 persen
Anne Ratna Mustika-Budi Hermawan    : 25,2 persen
Yadi Rusmayadi-Pipin Sopian                 : 15,2 persen 
Zainal Arifin-Sona Maulida                     : 4,1 persen
** Hasil Survei LSI Network Denny JA

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua