News

Ketua DPD PDIP Jabar Ono Minta PDIP Subang Segera Tentukan Koalisi di Pilkada

pilkada subang
PILKADA SUBANG: Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono saat diwawancarai mengenai Pilkada Subang di Bandung, Sabtu (20/7). CINDY DESITA/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Dengan modal 9 kursi di DPRD, PDIP Subang hingga saat ini belum menentukan akan berkoalisi dengan partai mana pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Subang 2024.

Selain belum menentukan koalisi, PDIP juga belum mengeluarkan surat tugas bakal calon bupati Subang akan jatuh kepada siapa.

Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono mengatakan, surat tugas tersebut akan turun pada waktu dekat ini. Menurutnya, sudah saatnya PDIP membangun koalisi dengan beberapa partai.

“Mudah-mudahan minggu depan (minggu ini, red) sudah ada surat tugas, artinya kan kita sudah harus mengerucutkan PDIP dengan sembilan kursi akan berkoalisi dengan siapa itu yang paling penting,” kata Ono Surono saat diwawancara Pasundan Ekspres, Sabtu (20/7).

Ono berharap PDIP di Subang bisa berkoalisi dengan sejumlah partai mulai Partai Golkar, NasDem, PKB, dan PKS. Menurutnya komunikasi politik dengan parpol tersebut sudah dibangun dan dijajaki.

Diketahui, saat ini yang berpotensi akan mendapatkan surat tugas diantaranya H Narca Sukanda, H Ating dan H Adik. Nama H Adik muncul sebagai bakal calon bupati setelah melakukan pendaftaran bakal calon bupati ke DPD PDIP Jabar.

Ono mengatakan, jika sudah diberi surat tugas, orang yang diberi tugas harus menjalankan tiga poin yaitu konsolidasi pemenangan pilkada, menemukan koalisi pasangan dan membuat strategi pemenangan.

Sebelumnya, Ketua Desk Pilkada DPC PDIP Subang, Ujang Yusup Zapet mengatakan, sambil menunggu keluarnya surat tugas dan rekomendasi bakal calon bupati dari DPP PDIP, kata Ujang, DPC PDIP Subang aktif membangun komunikasi lintas partai.

Mulai dari partai Golkar, Gerindra, PKB dan beberapa partai di Subang telah diajak dialog untuk menyamakan visi di Pilkada 2024.

"Mengenai koalisi di Pilkada, kita bisa saja petanya sama dengan koalisi di pusat pada pemilu kemarin, bisa saja di daerah berbeda. Untuk di Pilkada, yang penting ada kesamaan visi membangun Subang lebih baik," ujarnya.

Ujang menjelaskan, bagi PDIP, Pilkada Subang tahun 2024 ini harus menang. Setelah tidak memenangkan kursi terbanyak di DPRD Subang pada pemilu 2024, maka kemenangan di Pilkada merupakan keharusan.

Diketahui, PDIP pada pemilu 2024 meraih 9 kursi di DPRD Subang. Pemilu 2019 lalu, PDIP meraih 10 kursi. Sehingga di Pilkada 2024, PDIP perlu koalisi untuk bisa mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati.(ysp)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua