News

Dua Kader PDIP Menanti Restu Megawati, Narca dan Niko Mulai Menatap Pilkada Subang

Narca Sukanda dan Niko Rinaldo
Narca Sukanda dan Niko Rinaldo

SUBANG-Dua kader PDIP saat ini tengah berlomba untuk bisa nyalon bupati di Pilkada Subang yang akan dilaksanakan 27 Nopember 2024 mendatang. Narca Sukanda dan Niko Rinaldo, dua kader PDIP terbaik yang digadang-gadang nyalon bupati.

Dua kader tersebut mewakili dua generasi yang berbeda. Narca Sukanda merupakan politisi senior PDIP yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Subang. Sementara, Niko Rinaldo politisi muda yang saat ini menjabat Sekertaris DPC PDIP Subang. 

Nama Narca Sukanda sudah tidak asing lagi di masyarakat Kabupaten Subang. Sosok politisi senior PDIP tersebut telah beberap periode menjadi anggota DPRD Subang, bahkan sekarang menjabat sebagai Ketua DPRD Subang.

Bahkan dalam acara rapat koordinasi dan konsolidasi pemenangan Pileg dan Pilpres 2024 yang digelar di kantor DPC PDIP Kabupaten Subang pada Selasa (23/1/2024) lalu, Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono, menyatakan calon Bupati Subang dari PDIP yang akan maju di Pilkada 2024 mendatang.

“Sesudah Pileg dan Pilpres kita sudah pasti akan mencalonkan Bupati Kabupaten Subang, dan tentunya itu sudah pasti yang kita usung adalah Bapak Narca Sukanda,” katanya dihadapan awak media.

Berbekal pengalamannya sebagai Ketua DPRD, politisi senior PDIP, H Narca Sukanda mengaku sanggup menjadi Bupati Subang.

Narca mengatakan, apabila partai merestui dirinya maju sebagai calon bupati dalam Pilkada Subang, dirinya akan tancap gas bergerak mencari dukungan dari masyarakat luas.

Pengurus DPC PDIP Subang itu menyebut, jika ada suara dari kader mengenai dukungan terhadap dirinya, Narca dengan senang hati menyambut aspirasi kader tersebut. Begitupun setelah direstui oleh DPP untuk maju di Pilkada 2024, Narca menyebut akan berjuangan agar bisa menang.

"Amanah dari partai harus dijalankan dengan baik. Saya merupakan kader lama di PDI Perjuangan, jadi saya siap dengan keputusan partai," katanya.

Disinggung mengenai gagasan untuk Subang, Narca membeberkan sejumlah hal yang mesti menjadi perhatiannya jika mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk memimpin. 

Sektor pertanian, menjadi salah satu hal yang mesti mendapat perhatian lebih. Kata Narca, petani di Subang harus sejahtera. Dukungan dari pemerintah harus maksimal terhadap keberlangsungan pertanian di Subang.

"Subang ini lumbungan pangan nasional. Kita harus jaga itu. Sebagai lumbung padi nasional, kita harus komitmen untuk membuat petani sejahtera," ujarnya.

Menurutnya, Subang ini kaya akan sumber daya alam. Dia menyebut, Subang ini seperti miniaturnya Indonesia. Punya lautan hingga pegunungan. "Semua sumber daya ini jadi modal kita untuk membuat masyarakat Subang ini sejahtera. Kita perlu mengelolanya dengan baik," bebernya.

Sementara itu, sosok Niko Rinaldo adalah salah satu kader muda PDIP yang memilki karir mentereng di politik. Terbukti walaupun usianya masih cukup muda saat ini dirinya menjabat sebagai Sekteraris di DPC PDIP Kabupaten Subang.

Dengan jabatanya tersebut dirinya bisa melompati kader-kader senior di PDIP yang dipenuhi oleh nama-nama besar. Hal tersebut membuktikan dirinya memiliki jaringan kuat di pusat.

Niko telah beberapa kali maju dalam pileg, terakhir Niko maju dalam kontetasi Pileg DPRD Dapil Jabar XI Niko Rinaldo memperoleh suara sebanyak 39.398 suara.

Setelah gagal di Pileg, karir politik Niko tidak terhenti. Terbukti mulai muncul dukungan dari kalangan internal dan ekternal PDIP untuk maju dalam pilkada Subang.

Belum lama ini puluhan relawan milenial yang tergabung dalam Inisiatif Koneksi Niko Rinaldo (Ikonik) mendeklarasikan diri mendukung Niko Rinaldo sebagai calon bupati (Cabup) Kabupaten Subang pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Ikonik Subang, Adinda Ningrum menyebut, Niko Rinaldo adalah figur muda yang lahir dari rahimnya rakyat biasa, sama seperti anak muda yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.

Menurutnya, Niko adalah harapan, figur perlawanan dari ketidak-adilan, figur percepatan, Energi Muda untuk Subang. Selain itu, Niko juga dikenal sebagai politisi muda yang berproses.

“Kami mempelajari dan mengamati betul Kang Niko merupakan politisi muda yang berproses, tidak instan, bukan karbitan, pekerja keras dan merakyat. Bagaimana perjalananan Kang Niko pada saat kuliah sebagai aktifis mahasiswa di BEM Universitas Subang, memulai sebagai simpatisan partai, menjadi Ketua PAC PDI Perjuangan, kemudian dipercaya partainya menjadi sekretaris partai di tingkat Kabupaten,” ungkapnya.

Sementara itu, dari internal partai mulai muncul dukungan salah satunya dari PAC Cibogo yang menjadi yang pertama mendeklarasikan Niko Rinaldo.

PAC Kecamatan Cibogo mengambil langkah paling cepat untuk mendeklarasikan dukungan untuk Niko Rinaldo maju di Pilkada Subang.

"Kang Niko Rinaldo itu bukan hanya sekedar pimpinan partai bagi kami, beliau itu juga mentor yang baik bagi kader di Kecamatan Cibogo ataupun Kecamatan lainnya. Beliau memimpin dengan hati, orangnya jujur dan amanah. Beliau sangat layak memimpin Subang ke depan,” tutup Sana Hadiatna.

Nama Narca dan Niko masuk ke dalam daftar kader yang digadang-gadang maju di Pilkada Subang, bersama dengan nama lainnya seperti H Kosim, H Adik LF Solihin, Hj Juenah, dan Ujang Yusuf Zapet. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDIP Kabupaten Subang Ujang Yusuf Zapet.

Menurut Ujang Yusuf, para kader tersebut untuk turun ke masyarakat membangun citra positif di masyarakat Kabupaten Subang. Dukungan dari masyarakat dan internal partai akan menjadi pertimbangan dari DPP PDIP, khususnya Ketua Umum Megawati Soekarno Putri untuk menentukan siapa kader yang akan maju di Pilkada Subang.(ded/ysp)

Berita Terkait