News

Presiden Jokowi Resmikan Rumah Sakit PPN Panglima Besar Soedirman dan 20 RS TNI

Presiden Jokowi Resmikan Rumah Sakit PPN Panglima Besar Soedirman dan 20 RS TNI
Presiden Jokowi meresmikan Rumah Sakit PPN Panglima Besar Soedirman dan 20 Rumah Sakit TNI. (Foto: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia)

PASUNDAN EKSPRES - Presiden Jokowi meresmikan Rumah Sakit PPN (Pusat Pertahanan Negara) Panglima Besar Soedirman dan 20 Rumah Sakit TNI lainnya.

Peresmian tersebut digelar pada Senin pagi, 19 Februari 2024 yang bertempat di RS PPN Panglima Besar Soedirman, Bintaro, Jakarta Selatan.

Dalam acara peresmian tersebut, Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Turut hadir sejumlah pejabat yaitu Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Staf TNI AD Jenderal Maruli Simanjuntak, Kepala Staf TNI AU Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf TNI AL Laksamana Muhammad Ali, dan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan apresiasi atas pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan yang telah dilengkapi fasilitas layanan kesehatan dan sumber daya manusia yang sangat penting dalam menghadapi situasi kedaruratan.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara Panglima Besar Soedirman dan 20 rumah sakit TNI lainnya,” ucap Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, pembangunan Rumah Sakit PPN serta 20 rumah sakit TNI lainnya merupakan inisiasi dari Kementerian Pertahanan untuk mengatasi situasi kedaruratan seperti pandemi Covid-19 atau bencana lainnya.

Sebelum peresmian, Jokowi yang didampingi Menhan Prabowo Subianto melakukan peninjauan ke sejumlah fasilitas rumah sakit seperti ruang radiologi, ruang operasi, dan ICU.

Presiden memuji fasilitas Rumah Sakit PPN yang dinilai lengkap, canggih, dan modern sehingga dapat menjadi rumah sakit rujukan untuk anggota Kemhan/TNI beserta keluarga maupun masyarakat umum untuk mendapat pelayanan kesehatan yang baik.

Selain itu, RS PPN ini juga akan digunakan sebagai Rumah Sakit Pendidikan bagi Fakultas Kedokteran Universitas Pertahanan.

Selain meresmikan RS PPN Panglima Besar Soedirman, Presiden Jokowi juga turut meresmikan 20 rumah sakit TNI lainnya dalam acara peresmian tersebut.

Diketahui, Rumah Sakit PPN Panglima Besar Soedirman memiliki luas 62 ribu meter persegi yang berdiri di atas tanah seluas 2,2 hektare.

Gedung yang terdiri dari 28 lantai ini memiliki kapasitas 1.000 tempat tidur rawat inap, 55 tempat tidur instalasi gawat darurat, 11 ruang operasi, serta 90 ruang intensive care yang terdiri dari ICU, ICCU, RICU, PICU, dan NICU. (inm)

Berita Terkait