News

Subang Smartpolitan Sambut BYD, Tenant Terbesar Pertama Manufaktur Kendaraan Listrik

Subang Smartpolitan Sambut BYD, salah satu pioner global dalam industri kendaraan listri (EV).
Subang Smartpolitan Sambut BYD, salah satu pioner global dalam industri kendaraan listri (EV). (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Subang Smartpolitan Sambut BYD, salah satu pioner global dalam industri kendaraan listri (EV). 

Pembuatan Pabrik EV oleh BYD di Subang Smartpolitan ini menandakan langkah penting dalam mendorong mobilitas berkelanjutan di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

Kepada Media Abednego Purnomo selaku VP Sales, Marketing & Tenant Relations menyambut dengan senang kehadiran BYD. 

“Kami sangat senang menyambut BYD di Subang Smartpolitan," kata Abednego Purnomo selaku VP Sales, Marketing & Tenant Relations.

Selain itu ia juga mengatakan kehadiran BYD merupakan bukti nyata khususnya dalam sektor otomitif. 

"Kehadiran BYD di Subang Smartpolitan merupakan bukti nyata daya tarik kawasan kami sebagai pusat industri terdepan, khususnya dalam sektor otomotif," ucap Abednego.

Selain itu, BYD memilih Subang Smartpolitan sebagai lokasi pabriknya karna diprediksi akan menjadi pertumbuhan ekonomi yang signifikan di masa depan. 

Pabrik EV ini tidak hanya akan menciptakan ribuan lapangan kerja baru, tetapi juga meningkatkan transfer teknologi dan keahlian di bidang manufaktur EV. 

Hal ini akan mendorong pertumbuhan industri pendukung di sektor EV, bahkan membuka peluang baru bagi perusahaan lokal untuk terlibat dalam rantai pasokan global EV.

Abednego menyatakan bahwa ia sangat yakin akan banyak mengundang investor asing ke industri EV di Indonesia. 

"Lebih dari itu, kami optimis hal ini akan menarik investasi lebih lanjut ke Indonesia. Saat ini kami sedang menangani banyak inquiry dari industri terkait dan sebagian besar berasal dari negara Tiongkok," ungkapnya. 

BYD juga berencana membangun ekosistem EV yang komprehensif di Subang Smartpolitan, termasuk pusat penelitian dan pengembangan serta fasilitas pelatihan yang dilengkapi dengan teknologi terkini yang hemat energi dan ramah lingkungan. 

Serah terima lahan antara Subang Smartpolitan dan BYD akan dilakukan pada Agustus 2024. 

BYD berencana melakukan operasi konstruksi bertahap dan diharapkan mulai beroperasi pada Januari 2026.

Selain itu, Subang menjadi lokasi strategis untuk BYD dan memudahkan akses dari pabrik dengan pintu keluar tol utama dari Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di KM 89.

Kawasan industri yang terintegrasi dengan berbagai infrastruktur strategis nasional menjadi salah satu alasan BYD memilih Subang Smartpolitan sebagai destinasi investasinya.

Seperti Jalan Tol Akses Patimban, Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, dan Tol Trans Jawa yang menghubungkan ke Ibu Kota Jakarta, Bandung dan kota-kota lain di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Berita Terkait