News

Awali Inovasi Pariwisata Luvtrip dan Pemdes Ciasem Baru Teken MoU Pembangunan Desa Wisata

Luvtrip dan Pemdes Ciasem Baru saat teken MoU pembangunan desa wisata.
Luvtrip dan Pemdes Ciasem Baru saat teken MoU pembangunan desa wisata.

SUBANG-Desa Ciasem Baru terus bergerak maju dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan dengan mengambil langkah strategis melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Luvtrip, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata. 

MoU ini ditandatangani oleh Direktur Utama Luvtrip, Al Taqdir Badari, dan Kepala Desa Ciasem Baru, Indah Aprianti, serta disaksikan langsung oleh Camat Ciasem pada acara yang berlangsung meriah di desa tersebut.

Acara penandatanganan MoU ini bukan hanya sekadar formalitas, melainkan sebuah komitmen bersama untuk mengembangkan Desa Ciasem Baru sebagai desa wisata unggulan. 

Momen ini juga ditandai dengan peresmian sebuah jembatan yang akan menjadi akses utama menuju spot wisata baru yang tengah dikembangkan.

Direktur Utama Luvtrip, Al Taqdir Badari menyampaikan, pelatihan yang akan diberikan meliputi pembuatan paket wisata, teknik dasar fotografi untuk konten pariwisata, pengembangan event pariwisata, serta pemanfaatan media sosial dan konten digital untuk promosi. 

“Seluruh program ini dirancang untuk memperkuat kapasitas masyarakat dalam mengelola dan mempromosikan potensi wisata yang dimiliki desa,” terangnya.

Menurutnya, jembatan wisata yang diresmikan pada acara tersebut menjadi simbol komitmen Pemerintah Desa Ciasem Baru untuk serius mengembangkan potensi pariwisata desa. 

“Jembatan ini menghubungkan area desa dengan berbagai spot wisata atraktif, di mana pengunjung dapat mengabadikan momen dengan latar belakang tulisan “I Love Ciasem Baru,” ujarnya.

Dia mengatakan, jembatan ini setinggi tiga meter, yang dikelilingi oleh hamparan persawahan hijau yang subur. Sistem irigasi yang mengalir di antara persawahan tersebut juga menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Sementara itu, Kepala Desa Ciasem Baru, Indah Amrianti mengatakan, ke depan, Pemerintah Desa Ciasem Baru merencanakan pembangunan berbagai spot wisata potensial lainnya yang diyakini akan menarik minat lebih banyak wisatawan. 

“Area wisata ini diharapkan bisa menjadi ikon baru bagi Desa Ciasem Baru, meningkatkan nilai estetika, aksesibilitas, serta daya tarik bagi masyarakat Subang dan sekitarnya untuk berkunjung ke desa tersebut,” kata Indah.

Menurutnya, pengembangan desa wisata di Ciasem Baru ini diharapkan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan UMKM dan perekonomian lokal. 

Indah menegaskan, bahwa melalui penandatanganan MoU ini, Luvtrip berkomitmen untuk mendukung dan memfasilitasi kebutuhan pendampingan pariwisata berkelanjutan serta peningkatan ekonomi lokal di tingkat desa.

“Harapannya, dengan adanya pembangunan desa wisata ini, Desa Ciasem Baru mampu menjadi daya tarik tersendiri, karena akan menyediakan produk lokal dari UMKM setempat serta menampilkan seni dan budaya lokal,” tuturnya.

Ia juga berharap, adanya wisata tersebut dapat meningkatkan pendapatan warga lokal serta mendorong perputaran ekonomi di desa wisata ini nantinya.

“Dengan dukungan berbagai pihak dan semangat kebersamaan, Desa Ciasem Baru siap melangkah ke depan untuk terus mengembangkan potensi wisata yang ada, demi kesejahteraan warganya dan pelestarian kekayaan alam serta budaya lokal,” pungkasnya. (cdp)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua