News

Kepala Sekolah di Subang Setuju Program Makan Sehat Bergizi Gratis

Program Makan Sinag Gratis
MAKAN SEHAT: Salah satu siswa di Subang sedang mencicipi makanan dari simulasi program makan sehat bergizi gratis

Sudah Mulai Disimulasikan di Subang

SUBANG-Sejumlah kepala sekolah di Subang setuju dengan adanya program makan sehat bergizi gratis. 

Saat ini, program makan sehat dan bergizi gratis sedang dilakukan simulasi di beberapa sekolah di Kabupaten Subang hingga beberapa waktu ke depan. Dengan tujuan untuk memitigasi serta meminimalisir permasalahannya di kemudian hari, serta ingin melihat sejauh mana dampak yang diberikan dari program tersebut. 

Tentu diadakannya simulasi tersebut menjadi sebuah gambaran bagi sekolah bagaimana program itu akan segera dilaksanakan. 

Ditambah lagi sebelumnya Pj Bupati Subang Dr. Imran meyakini bahwa program makan siang sehat dan bergizi yang dicanangkan oleh presiden dan wakil presiden terpilih akan terlaksana. 

"Saya yakin kebijakan ini akan berjalan tinggal kita lihat Juknis dan skemanya bagaimana. Hari ini kita menangkap isu itu dengan beragam stakeholder khususnya BUMD yang ada di Subang," ucapnya pada saat peluncuran simulasi program makan sehat bergizi gratis, Jum'at (6/9). 

Melihat hal tersebut, Kepala SDN Ciheuleut, Suharya S.Pd berpendapat bahwa program makan sehat bergizi gratis memberikan banyak manfaat. Oleh sebab itu, dirinya mendukung adanya program itu. 

"Kalau menurut saya, sesuai dengan program Pemerintah kita harus mendukung dan berpartisipasi aktif, karena program tersebut banyak manfaatnya baik para siswa maupun orangtua siswa dan sekolah," ucapnya. 

Menurutnya, dengan adanya program makan sehat bergizi gratis kesehatan siswa dapat lebih terjamin. 

"Dengan program makan gratis tentunya kesehatan siswa akan jauh terjamin, karena siswa secara teratur dapat makanan yang sehat dan bergizi tiap hari secara gratis," ucapnya. 

Ia menambahkan orang tua terutama dari kalangan kurang mampu juga akan merasa terbantu dalam meningkatkan kesehatan anak-anaknya lewat program tersebut. 

"Bagi keluarga yang kurang mampu untuk makan siang sangat kerepotan untuk menyediakannya. Dengan program makan gratis ini, diharapkan orang tua dapat terbantu," ucapnya. 

Kepala SDN Perumanas I, Lilis Yuliah SPd juga senada dengan Suharya. Dirinya setuju dengan adanya program makan sehat bergizi gratis. 

"Pada dasarnya kami sangat setuju dengan adanya program makan siang gratis dan sehat bagi anak sekolah," ucapnya. 

Meskipun dirinya setuju, namun Lilis menggarisbawahi program tersebut tidak memberikan beban tambahan bagi pihak sekolah. 

"Asalkan dengan ketentuan tidak membebani kami dengan pekerjaan tambahan untuk mengurusi makan gratis tersebut, kami sebagai penerima manfaat saja," ucapnya. 

Ia menginginkan jika nantinya program tersebut dijalankan, terdapat pihak ketiga yang turut membantu sekolah dalam memberikan makanan yang telah disiapkan kepada anak-anak, sehingga sekolah tidak perlu lagi repot. 

"Misal ada perusahaan yang menangani khusus terus di distribusikan ke sekolah-sekolah," ucapnya.(fsh/ysp) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua