News

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar
Presiden Jokowi meresmikan Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar di Kota Bandung pada Sabtu, 3 Februari 2024. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Presiden Jokowi meresmikan Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar di Kota Bandung pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Diketahui, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kota Bandung, Jawa Barat pada Sabtu, 3 Februari 2024 termasuk menghadiri peresmian Terminal Leuwipanjang.

Jokowi meresmikan revitalisasi dua terminal tipe A di Jawa Barat, yaitu Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar (secara hybrid) di halaman Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung.

Acara peresmian tersebut dihadiri sejumlah pejabat, yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono dan Wali Kota Banjar Ida Wahida, serta pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Jokowi memuji wajah baru Terminal Leuwipanjang saat ini dan menurutnya, terminal bus selalu dipersepsikan sebagai tempat kumuh, kotor, serta tidak nyaman.

Oleh karena itu, pemerintah merevitalisasi terminal ini dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp80 miliar yang kini sudah terlihat rapi, bersih dan bagus.

“Kalau kita lihat, Terminal Leuwipanjang ini keren banget,” ucap Jokowi dalam sambutannya pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Jokowi berharap revitalisasi Terminal Leuwipanjang ini dapat mendorong seluruh masyarakat untuk mulai beralih menggunakan transportasi umum dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

"Ini untuk mendorong kepada masyarakat agar kembali menggunakan transportasi umum, berbondong-bondong lagi tidak menggunakan mobil pribadi. Kalau itu diteruskan (menggunakan kendaraan pribadi), yang terjadi adalah kemacetan, seperti yang sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Sebagai informasi, proses revitalisasi Terminal Leuwipanjang dilakukan dalam tiga tahap dengan total anggaran mencapai Rp80 miliar.

Untuk rinciannya, tahap pertama di 2020 sebesar Rp25 miliar, tahap kedua pada 2021 menghabiskan Rp40 miliar, dan tahap ketiga di tahun ini menghabiskan Rp15 miliar.

Sedangkan, proses revitalisasi Terminal Banjar juga dilakukan dalam tiga tahap dengan total anggaran mencapai Rp67 miliar. (inm)

Berita Terkait