News

Daftar Program Mudik Gratis 2024 Cek Infonya Disini!

Daftar Program Mudik Gratis 2024 Cek Infonya Disini! (Sumber Foto Regional-Kompas.com)
Daftar Program Mudik Gratis 2024 Cek Infonya Disini! (Sumber Foto Regional-Kompas.com)

PASUNDAN EKSPRES- Halo siapa nih yang lagi nyari informasi seputar mudik gratis? Kebetulah bangetkan kali ini kita akan membahas tentang persiapan menjelang bulan Ramadan, dan kabar baiknya adalah pemerintah kembali menyediakan mudik gratis untuk tahun 2024.

Hal ini diumumkan secara resmi oleh Kementerian Perhubungan, dan telah menarik perhatian masyarakat.

Kementerian Perhubungan membuka pendaftaran mudik gratis lebaran 2024 menggunakan angkut kereta api. Ini merupakan alternatif yang diimbau oleh pemerintah, terutama untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor, mengingat potensi risiko kecelakaan yang tinggi.

Pendaftaran untuk mudik gratis kereta api telah dibuka sejak tanggal 4 Maret, dan pemudik dapat mendaftar melalui website Kementerian Perhubungan atau sejumlah Posco terdekat.

Kementerian ini menyiapkan kuota sebanyak 28.196 penumpang dan 12.180 unit motor untuk periode keberangkatan tanggal 2 hingga 8 April 2024, serta arus balik tanggal 13 sampai 19 April 2024

Namun, pilihan transportasi tidak hanya terbatas pada kereta api. Mulai tanggal 5 Maret, pendaftaran juga dibuka untuk pemudik yang menggunakan bus melalui aplikasi Mitra Darat. Ratusan bus dan puluhan truk disediakan untuk membawa penumpang dan motor, memberikan fleksibilitas yang nyaman bagi pemudik.

Bagi yang memilih jalur laut, pendaftaran baru akan dibuka pada tanggal 3 April 2024, dengan kuota sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor. Ini memberikan opsi bagi pemudik yang lebih memilih transportasi laut sebagai alternatif mudik.

Pentingnya untuk diperhatikan bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemudik yang ingin mengikuti program mudik gratis.

Dokumen seperti KTP, SIM, Kartu Keluarga, dan STNK harus diunggah saat mendaftar. Selain itu, besaran motor tidak boleh lebih dari 200 cc dan tidak boleh dimodifikasi.

Jalur kereta api Utara akan dimulai dari Stasiun Cilegon, melewati Jakarta Gudang dan Stasiun Pasar Senen, hingga mencapai Semarang.

Sementara jalur Tengah akan melibatkan rute Jakarta Gudang, Cirebon, Purwokerto, dan Kutoarjo. Jalur Selatan kereta api akan melewati Kiara Condong, Kebumen, hingga Madium.

Meskipun program mudik gratis ini memberikan kemudahan, beberapa pemudik menemui kendala, seperti lokasi berangkat yang dianggap jauh.

Namun, mayoritas merespon positif dan berharap dapat memanfaatkan program ini untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Pemudik juga disarankan untuk memeriksa kembali tanggal pendaftaran dan persyaratan yang berlaku untuk setiap jalur transportasi.

Bagi yang memiliki motor listrik, perlu diperhatikan bahwa saat ini belum dapat diakomodasi dalam program mudik gratis, sehingga mungkin menjadi pertimbangan untuk tahun mendatang.

Dengan berbagai opsi transportasi yang disediakan oleh pemerintah, diharapkan pemudik dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mereka. Terus ikuti berita terkini di Pasundan Ekspres.id untuk informasi lebih lanjut! Terimakasih.

Berita Terkait