News

Resmi! Pengguna X Sekarang Gak Bisa Liat Daftar Likes di Profil Orang Lain

Pengguna X tak bisa lihat daftar likes pengguna lain
Pengguna X tak bisa lihat daftar likes pengguna lain. (ilustrasi Freepik)

PasundanEkspres - X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, kini menyembunyikan tab likes di profil pengguna. Akibatnya, pengguna X tidak lagi dapat melihat daftar cuitan yang disukai oleh pengguna lain.

Penghapusan tab likes dari profil pengguna pertama kali diumumkan oleh dua engineer X beberapa waktu yang lalu. Kebijakan ini mulai berlaku pada Rabu (12/6).

Menurut pantauan PasundanEkspres pada Kamis (13/6/2024), pengguna X di Indonesia juga telah merasakan perubahan ini. Saat membuka aplikasi X pagi ini, muncul pemberitahuan bahwa likes pengguna kini menjadi privat.

"Kami membuat Likes menjadi privat untuk semua orang guna menjaga privasi pengguna dengan lebih baik. Menyukai lebih banyak postingan akan membuat feed 'For You' Anda menjadi lebih baik," tulis X dalam pemberitahuannya.

Kebijakan baru ini juga diumumkan oleh pemilik X, Elon Musk, yang menyatakan bahwa pengguna seharusnya bebas menyukai postingan apapun tanpa khawatir diserang orang lain atau terkena cancel culture.

Dalam sebuah postingan di X, akun X Engineering menjelaskan perubahan terbaru ini. Pengguna X masih dapat melihat postingan yang mereka sukai di tab Likes yang ada di profil mereka, tetapi orang lain tidak dapat melihat daftar ini ketika mengunjungi profil pengguna tersebut.

Pengguna X juga tidak dapat melihat daftar akun yang menyukai sebuah postingan. Tombol yang menunjukkan jumlah likes di bawah postingan kini tidak dapat diklik untuk melihat siapa saja yang menyukai postingan itu.

Namun, pengguna X tetap bisa melihat siapa saja yang menyukai postingan yang mereka unggah. Pengguna juga bisa melihat jumlah like yang diterima postingannya dan metrik lainnya yang ditampilkan di notifikasi.

Opsi untuk menyembunyikan tab likes di profil sebenarnya sudah tersedia untuk pelanggan X Premium. Namun, pembaruan terbaru ini secara resmi menghilangkan tab likes di profil seluruh pengguna.

Berita Terkait