News

Menteri PUPR Ungkap Akan Lanjutkan Pembangunan Tol Dalam Kota Bandung, Ini Bocoran Rutenya

Menteri PUPR Ungkap Akan Lanjutkan Pembangunan Tol Dalam Kota Bandung, Ini Bocoran Rutenya
Menteri PUPR mengungkap akan melanjutkan pembangunan tol dalam kota Bandung. (Foto: laman resmi Pemprov Jawa Barat)

PASUNDAN EKSPRES - Menteri PUPR mengungkap akan melanjutkan pembangunan tol dalam kota Bandung.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, akan kembali melanjutkan proyek tol dalam kota Bandung untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung.

Hal ini terungkap saat Basuki Hadimuljono mengadakan pertemuan dengan Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin di kantor Kementerian PUPR, Jakarta pada Rabu (28/2/2024).

Dalam pertemuan itu, Menteri PUPR dan Pj Gubernur Jawa Barat membahas terkait realisasi lima proyek infrastruktur di Jawa Barat pada 2024.

Salah satu proyek infrastruktur yang akan direalisasikan pada tahun ini adalah pembangunan Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) atau tol dalam kota Bandung.

Basuki menegaskan komitmen Kementerian PUPR membantu percepatan pembangunan infrastruktur di Jawa Barat di tahun, terutama pembangunan BIUTR di Kota Bandung yang diketahui telah 'mangkrak' selama hampir 17 tahun.

"Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan Bandung Intra Urban Tol Road," ucap Basuki.

Untuk tahap awal proses pembangunan, pihak Kementerian PUPR akan menyiapkan skema pendanaan melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

"Kita lelangkan segera, kita meneruskan untuk mengatasi kemacetan di Bandung," ujarnya.

Menurut beberapa sumber, rencana pembangunan tol dalam kota Bandung pernah disinggung oleh Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Jusuf Hamka.

Jusuf menyinggung bahwa pembangunan tol dalam kota Bandung akan dibangun pada pertengahan tahun 2024 yang akan menghubungkan kawasan selatan Kota Bandung ke pusat kota Bandung.

Adapun, rute tol dalam kota itu yaitu rute Pasir Koja - Pusdai (Jl Supratman) atau North South Link (NS-Link) rute Pasir Koja - Supratman. (inm)

Berita Terkait