News

Sapi Alien dari Subang Dibeli Presiden Jokowi untuk Kurban

sapi kurban
DIPESAN JOKOWI: Pengurus Kasomalang Cinta Peternak (KCP) Farm, Yogi Sugilar saat merawat sapi bernama "Alien" yang dipesan Jokowi. HADI MARTADINATA/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Sapi jenis Simental Marlboro yang diberi nama "Alien" oleh peternak di Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, telah dibeli oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kurban Idul Adha tahun ini. Pembelian hewan untuk kurban ini tempat ini merupakan yang kedua kalinya yang dilakukan Presiden Jokowi.

Pengurus Kasomalang Cinta Peternak (KCP) Farm, Yogi Sugilar mengungkapkan sapi ini diberi nama "Alien" karena tidak memiliki tanduk, memberikan penampilan yang unik seperti makhluk asing. Proses pemilihan sapi ini melibatkan promosi dari tim kesehatan hewan Subang yang kemudian disampaikan kepada pengurus kurban tingkat presiden.

"Prosesnya dimulai dengan promosi dari tim kesehatan hewan Subang yang kemudian disampaikan kepada pengurus kurban tingkat presiden. Sapi tersebut kemudian diperiksa kesehatannya dan alhamdulillah dinyatakan sehat," ujar kepada Pasundan Ekspres, Yogi pada Selasa (11/6).

Sapi Alien terpilih karena kesehatannya yang prima dan bobotnya yang mengesankan, lebih dari 1 ton. Yogi menyatakan kebahagiaannya dan rasa bangganya bahwa sapinya dibeli oleh Presiden Jokowi. 

"Perasaan saya bahagia banget, nggak nyangka sapi saya dibeli presiden," kata Yogi.

Untuk perawatan, sapi Alien diberi pakan konsentrat yang dicampur dengan bakatul singkong dan rumput, tanpa ada perawatan khusus yang berbeda dari sapi lainnya. Alien sendiri berusia kurang dari lima tahun.

Awal mula pemesanan dari Presiden Jokowi terjadi karena adanya pengecekan rutin oleh tim kesehatan hewan dari Subang. Sapi yang memiliki kondisi kesehatan prima dan ukuran yang besar berpotensi untuk dijual ke presiden.

"Suka ada rutin pengecekan dari tim kesehatan Subang, mereka cek kesehatan sapi di sini. Kalau sapinya sehat dan ukurannya besar, bisa dijual ke presiden," jelas Yogi.

Pengiriman sapi Alien yang dijual dengan harga Rp100 juta ini masih dalam proses dan belum diketahui apakah akan dikirim langsung ke Istana Negara atau ke Cipanas, Cianjur.(hdi/ysp)

 

Berita Terkait