News

Mengapa Tim Cook Memilih Indonesia? Jejak Apple di Tanah Air

Tim Cook
Tim Cook dan Sofyan Pratama saat memakan sate ayam. (screenshot Twitter/X @tim_cook)

PASUNDAN EKSPRES - Seusai mengunjungi Vietnam, Tim Cook mengunjungi Indonesia. Mengapa orang nomor satu di Apple itu mengunjungi Tanah Air?

Seorang pemimpin teknologi terkemuka mengunjungi sebuah negara adalah rutinitas yang biasa. Namun, ada alasan khusus mengapa negara itu dipilih untuk dikunjungi.

Tim Cook juga demikian. Dia baru-baru ini melakukan kunjungan ke China pada Maret lalu, katanya kedatangannya untuk mendongkrak pasar Apple di sana yang tengah merosot.

"Saya suka budayanya dan sangat dinamis, komunitas kreatif di sini sangat kuat," jawab Tim Cook saat ditanya alasan kunjungannya ke Indonesia.

Dia berharap kedatangannya dapat memberikan kontribusi lebih banyak. Khususnya terkait dengan Apple Developer Academy yang telah melatih bakat-bakat agar siap terjun ke industri digital.

"Kami pikir kami dapat membuat perbedaan dengan akademi pengembang ini dan menyentuh lebih banyak orang. Saya tidak akan terkejut jika di masa depan aplikasi besar keluar dari Indonesia. Anda akan melihat aplikasi yang dirancang tidak hanya untuk pasar domestik, tetapi juga untuk pasar global," ujarnya saat ditemui di sela-sela kunjungan ke Apple Developer Academy di BSD, Tangerang Selatan, Rabu (17/4).

"Jadi ini adalah negara yang sangat saya minati, dan menurut saya saat ini sedang melakukan hal-hal hebat, dan memiliki potensi besar di depannya," imbuhnya.

Lantas apakah akan datang lagi ke Indonesia?

"Ya (saya akan datang lagi). Anda dapat mengandalkan itu. Anda dapat menghitungnya," jawabnya semangat.

Seperti diketahui Cook tiba di Jakarta pada Selasa sore (16/4). Bos Apple tersebut langsung menemui pembuat konten Sofyan Pratama sambil menikmati sate ayam di Menteng.

Keesokannya, Cook bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka. Pertemuan itu disebut membahas rencana investasi Apple di Indonesia.

Setelah itu, Cook mengunjungi Museum Wayang di kawasan Kota, Jakarta Pusat. Di sana dia sempat menikmati pertunjukan wayang kulit kelahiran Gatotkaca yang dimainkan dalang Fakih Tri Sera Fil Ardhi bersama fotografer Nyimas Laula.

Sebelum mengunjungi Apple Developer Academy di BSD, ia pun sempat menemui Menteri Pertahanan RI sekaligus calon presiden pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto. Pertemuan yang digelar di ruang kerja Menhan, Kementerian Pertahanan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, membahas berbagai hal, khususnya kolaborasi antara Apple dan Pemerintah Indonesia.

Berita Terkait