News

Rahasia di Balik Coklat SilverQueen, Cemilan yang Disukai Presiden Seokarno Saat KAA

coklat
Rahasia di Balik Coklat Silverqueen, Cemilan Favotir Presiden Seokarno Saat KAA (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Coklat merupakan salah satu cemilan yang sangat terkenal di Indonesia namun apakah kamu tahu Rahasia di Balik Coklat Silverqueen? 

Silverqueen merupakan coklat pertama yang di produksi di Indonesia lebih tepatnya di Garut, Jawa Barat. Dibawah Naungan PT Petra Food yang sebelumnya dikenal dengan nama NV Ceres. 

Setelah itu, Perusahaan tersebut diambil alih oleh seorang pembisnis asal Tionghoa yang telah lama menetap di Bandung. 

Pada tahun 1950-an perusahaan tersebut mulai memproduksi coklat batangan sengan nama SilverQueen yang diproduksi langsung di Garut sebelum dipindahkan ke Bandung. 

Selain dari Coklat pertama yang dibuat di Bandung, ternyata SilverQueen juga snagat disukai oleh Presiden Seokarno. 

Indonesia mempunyai Iklim tropis, dan hal tersebut menjadi salah satu tantangan bagi Chuang untuk membuat coklat tersebut tidak mudah meleleh. 

Maka dari itu ia mencampurkan adonan coklat dengan kacang mede yang menjadi ciri khas dari SilverQueen itu sendiri. 

Dengan kombinasi tersebut Coklat SilverQueen dapat menjadi sangat populer hingga saat ini. Bahkan Presiden Soekarno menjadikan cemilan saat hadiri konferensi Asia Afrika (KAA) yang diselenggarakan di Bandung pada tahun 1955. 

Hingga kini Coklat SilverQueen menjadi salah satu coklat dengan penggemar terbanyak di Indonesia, bahkan zaman serba digital dengan banyaknya merk coklat terkenal. SilverQueen tetep menjadi juaranya. 

Bahkan Coklat SilverQueen melkaukan ekspansi ke Thailand, Filipina hingga jepang. 

Berita Terkait