News

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi Rayu Kemenkes Bangun RSUD di Pantura

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi
SOAL RSUD PANTURA: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi saat diwawancara terkait progres pembangunan RSUD Pantura.

Dua Kali Ditolak Pemprov Jabar

SUBANG-Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di wilayah Pantura yang akan dibangun oleh pemerintah Kabupaten Subang hingga saat ini masih belum terealiasi. 

Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang kembali mengajukan pembangunan RSUD tersebut ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. 

"Kami mengusulkan agar berdiri rumah sakit di Pantura Subang kepada Kementerian Kesehatan RI. Mudah-mudahan disetujui," terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi. 

Dia berharap, Kemenkes RI menerima usulan tersebut sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan uang dilengkapi oleh bangunan dan alat yang memadai. 

Untuk saat ini, jelas Maxi, tanah untuk pembangunan RSUD Pantura sudah ada dan terletak di Kecamatan Pusakanagara. Akan tetapi anggaran dana untuk merealisasikan RSUD tersebut belum kunjung ada. 

"Kami Dinas Kesehatan sudah dua kali mengusulkan anggaran kepada pemerintah provinsi Jawa Barat tahun 2021 sebesar Rp76 miliar dan ternyata ditolak. Tahun 2022 kami turunkan karena tadinya mau tipe C kita ganti ke tipe D saja dengan Rp50 miliar. Tapi ternyata ditolak juga," jelasnya. 

RSUD seharusnya sudah ada di wilayah Pantura Subang. Dengan penduduk Kabupaten Subang yang mencapai 1,6 juta jiwa, Subang hanya memiliki satu RSUD yang bertempat di pusat kota. 

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Pantura, Asep Maulana mengatakan, masyarakat pantura sulit mendapatkan layanan kesehatan lantaran jarak rumah sakit milik Pemda Subang cukup jauh, karena berada di pusat kota Subang. 

"Tidak mungkin juga kalau masyarakat yang sedang sakit parah dibawa ke RSUD Subang karena jaraknya yang jauh. Bisa-bisa kalau meninggal di tengah jalan gimana?," terangnya. 

Ia pun berharap, RSUD di Pantura Subang harus segera dibangun. Tentunya hal tersebut dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan layanan kesehatan. 

"Semoga pembangunan rumah sakit umum daerah di Pantura segera terelesiasi, sehingga RSUD tersebut bisa memudahkan fasilitas kesehatan masyarakat Pantura," tuturnya.(cdp/ysp) 

Upaya Pendirian RSUD Pantura

- Pemda sudah siapkan lahan di Pusakanagara

- Pemda usulkan anggaran ke Pemprov. Dua kali ditolak

- Kini Pemda minta bantuan Kemenkes

 

 

Berita Terkait