News

Respon Hasil Survey Pasundan Ekspres dan JIPO, ARD Susun Strategi Lampaui Elektabilitas Ruhimat

Asep Rochman Dimyati
RESPON HASIL SURVEY: Bakal calon bupati Subang Asep Rochman Dimyati (ARD) saat memberikan tanggapan terkait survey yang dilakukan Pasundan Ekspres dan JIPO.

SUBANG-Bakal calon bupati Subang, Asep Rochman Dimyati (ARD) merespon hasil survey popularitas dan elektabilitas yang dilakukan oleh Litbang Pasundan Ekspres dan JIPO. 

Meskipun saat ini ia berada di urutan kedua setelah Ruhimat, ARD optimis akan mampu melampaui tingkat popularitas dan elektabilitas petahana tersebut. 

"Terkait posisi saya yang berada di urutan kedua setelah Pak Ruhimat, saya yakin ke depan bisa melampaui beliau dalam hal popularitas dan elektabilitas," ungkapnya pada Kamis (22/8).

Diketahui popularitas dan elektabilitas ARD sebesar 15,42 persen. Sementara di posisi teratas ada Ruhimat dengan popularitas 26,48 persen dan elektabilitas 25,71 persen.

ARD menyampaikan terimakasih kepada Pasundan Ekspres dan JIPO atas penyelenggaraan survei independen terkait popularitas dan elektabilitas calon kepala daerah di Kabupaten Subang ini. Hasil survei tersebut dinilai memberikan panduan penting bagi ARD dalam merancang strategi ke depan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada JIPO dan Pasundan Ekspres yang telah melaksanakan survei ini. Hasilnya membuat saya semakin yakin untuk menyusun strategi-strategi baru guna meningkatkan popularitas dan elektabilitas saya," ujar ARD.

Dalam kesempatan ini, ARD juga membanggakan kesiapan timnya untuk maju di Pilkada. Dia menyebut, hanya dirinya dan Lina Marliana yang telah mendapatkan rekomendasi dari partai untuk nyalon bupati dan wakil bupati.

"Saat ini, belum ada calon lain yang mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari DPP partai, selain saya dan Teh Lina. Dengan adanya SK tersebut, kami bisa lebih cepat dalam melakukan sosialisasi pasangan di Kabupaten Subang," terangnya.

Keyakinan ARD semakin kuat karena persiapannya yang matang. Dengan penuh optimis ia meyakini akan meraih kemenangan di Pilkada 2024. 

“Kami sudah memulai langkah lebih awal dibandingkan calon-calon lainnya, tim pemenangan pun sudah terbentuk. Kini, kami hanya tinggal mendaftar ke KPU pada tanggal 27 nanti dan melanjutkan sosialisasi ke masyarakat," pungkasnya.

Dengan langkah-langkah strategis yang telah direncanakan, ARD berharap dapat meraih dukungan penuh dari masyarakat Subang dalam Pilkada 2024 mendatang.

Sementara itu diberitakan sebelumnya, Litbang Pasundan Ekspres dan JIPO telah merilis hasil survey popularitas dan elektabilitas bakal calon bupati Subang.

Popularitas dan elektabilitas bakal calon Bupati Subang H Ruhimat paling tinggi berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Litbang Pasundan Ekspres bekerja sama dengan The Jabar Ekspres Institute of Pro Otonomi (JIPO). 

Popularitas Ruhimat sebesar 26,48 persen. Diikuti oleh Asep Rochman Dimyati (ARD) 15,42 persen, Agus Masykur Rosyadi 10,03 persen, Aceng Kudus 8,99 persen, Niko Rinaldo 7,71 persen. Kelima nama tersebut berada di peringkat lima besar hasil survey.

Sementara itu, beberapa nama popularitasnya berada di bawah 5 persen. Seperti Elita Budiati 4,88 persen, Suryaman dan Lina Marliana 4,37 persen. Kemudian Farah Puteri Nahlia sebesar 3,08 persen. Sejumlah nama lainnya berada di bawah 2 persen.

Elektabilitas Ruhimat sebesar 25,71 persen. Diikuti oleh Asep Rochman Dimyati (ARD) 15,42 persen, Agus Masykur Rosyadi 11,31 persen, Aceng Kudus 9,51 persen, Niko Rinaldo 6,64 persen dan Elita Budiati 5,40 persen. Beberapa nama lain seperti Lina Marliana, Suryaman dan Farah Puteri Nahlia berada di angka 3,60 hingga 3,86 persen. 

Survey Litbang Pasundan Ekspres dan JIPO dilakukan pada 23 Juli - 14 Agustus 2024. Responden dalam survey ini sebanyak 389 orang tersebar di 30 kecamatan yang ada di Subang.

Distribusi responden dalam survey menggunakan metode stratified sampling, di mana kecamatan digunakan sebagai strata atau "kasta". Dengan margin eror 5 persen.(cdp/ysp)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua