News

Pemuda Pelopor Jadi Penggerak untuk Pembangunan Daerah di Subang

Pemuda Pelopor
PEMUDA PELOPOR: CEO Pasundan Ekspres Group Mohamad Fauzi dan Kabid Kepemudaan Moch. Irwan Ahadiat foto bersama peserta Pemuda Pelopor di RM Markoni, Rabu (17/7). YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-CEO Pasundan Ekspres Group Mohamad Fauzi berbicara mengenai kepemudaan dihadapan puluhan Pemuda Pelopor dari berbagai kecamatan di Subang. 

Pria yang sudah menjadi wartawan selama 29 tahun itu menjadi pembicara dalam acara Pengembangan Kapasitas Daya Saing Kepemudaan yang digelar Bidang Kepemudaan Disparpora Subang di RM Markoni, Rabu (17/7). 

Dia bicara soal lima hal penting yang wajib dimiliki oleh Pemuda. Antara lain harus persisten (pantang menyerah), punya educated, harus punya rasa cinta, punya empati dan respect terhadap orang lain.

Pertama, persisten, yakni pantang menyerah apapun hambatannya. Jatuh bangun bangkit lagi. Coba lagi terus mencoba untuk sebuah karya positif. 

"Tidak mudah menyerah, fokus pada hasil. Nikmati prosesnya," jelasnya.

Kedua, harus punya educated. Tanpa kepintaran, tanpa ilmu pemuda akan dibodohi oleh banyak orang. "Tapi ingat kepintaran dan kecerdasan ini juga harus punya akhlak, etitude, rasa hormat dan tidak sombong," katanya.

Ketiga, harus punya love atau rasa cinta, rasa sayang. "Pemuda harus punya rasa cinta: tanah air, bangsa, negara, keluarga dan masyarakat. Ingat love yang tepat yah," ujarnya.

Keempat, harus punya empati. Rasa cinta tidak ada gunanya kalau tidak punya empati terhadap orang lain. 

Kelima, respect. Adalah nilai yang kita berikan kepada mereka dan mereka memberikan respect kepada kita. "Jika ada respect maka karya kita akan menjadi manfaat untuk orang lain. "Kita bisa jadi contoh teladan dan lainnya," ujarnya.

Selain Mohamad Fauzi, hadir juga pemateri dalam kegiatan Pemuda Pelopor tersebut yakni Ustad Muryanto Heriutomo membawakan materi tentang karakter dan jati diri pemuda di era globalisasi dan Ferdi Faturahman tentang kemandirian pemuda yang dilandasi sikap dan jiwa kesukaralawanan, tanggungjawab dan kepedulian.

Kepada Pasundan Ekspres, Kabid Kepemudaan Disparpora Subang, Moch. Irwan Ahadiat menyampaikan, peserta Pemuda Pelopor ini merupakan hasil penjaringan yang ketat dari 30 kecamatan di Subang.

Mereka yang datang ke acara Pemuda Pelopor yang digelar dua hari yakni Rabu dan Kamis di RM Markoni ini, mereka yang sudah aktif berkecimpung di berbagai bidang.

Pemuda Pelopor diharapkan dapat menggerakan lingkungan sekitarnya di berbagai bidang yang sekarang tengah digeluti.

Irwan berharap, Pemuda Pelopor ini akan menjadi penggerak untuk setiap pembangunan di Subang.(ysp)

 

 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua