News

Tim Cook Ungkap Alasan Apple Developer Academy Dibuka di Bali

Apple Developer Academy
Bos Apple Tim Cook ungkapkan alasan Apple Developer Academy dibuka di Bali. (Foto: Dok. Apple)

PASUNDAN EKSPRES - Bali terpilih menjadi tempat keempat di mana Apple Developer Academy berdiri di Indonesia. CEO Apple Tim Cook memberikan tanggapan yang mengejutkan.

"Kami menerima sejumlah besar pendaftar dari Bali. Dan kami ingin menempatkan akademi ini di lokasi yang menarik bagi baik skala internasional maupun domestik," ujar Tim Cook saat ditemui di tengah kunjungannya ke Apple Developer Academy di BSD, Tangerang Selatan, Rabu (17/4).

"Kami menikmati kebudayaan di Bali dan para seniman, komunitas seni yang ada di sana. Dan di antara semua faktor tersebut, kami memilih Bali dan sangat puas dengan pilihan tersebut," tambahnya.

Tim Cook tidak mengungkap kapan Apple Developer Academy di Bali akan dibuka. Yang jelas, dia berencana hadir dalam upacara pembukaannya.

Untuk dicatat, Apple Developer Academy pertama kali didirikan di Brasil, program ini telah berkembang ke lebih banyak tempat di seluruh dunia, termasuk Korea, Indonesia, Arab Saudi, Italia, dan Amerika Serikat. Di Indonesia, akademi ini didirikan pada tahun 2018.

Selain di BSD, lokasinya juga ada di Surabaya dan Batam. Berbeda dari ketiga tempat lainnya, Apple Developer Academy di Bali akan menerima pendaftaran tidak hanya dari Indonesia, tetapi dari seluruh dunia, tanpa memandang latar belakang pendidikan atau pengalaman pemrograman mereka.

Tim Cook ketika mengunjungi Apple Developer Academy di BSD Foto: Dok Apple Tim Cook berharap pembukaan Apple Developer Academy di Bali dapat menghasilkan lebih banyak talenta digital. Sejak awal berdirinya, Apple Developer Academy telah diikuti oleh lebih dari 2.000 calon pengembang aplikasi. Sebanyak 90% dari lulusannya telah mendapatkan pekerjaan di berbagai sektor, mulai dari pendidikan, e-commerce, transportasi, keberlanjutan, dan banyak lagi.

"Kami sering melihat bahwa satu baris kode bisa mengubah dunia, dan di Indonesia, kami menginvestasikan pada kreativitas dan kemampuan mereka yang bersemangat untuk membuktikan hal tersebut. Kami sangat senang dengan pertumbuhan komunitas pengembang di Indonesia, dan kami berharap dapat berkontribusi pada kesuksesan lebih banyak pengembang dengan membuka akademi keempat kami di negara ini," kata Cook.

Berita Terkait