News

Panggung Tokoh di Acara HUT Pamanukan, Ruhimat Dianugerahi Bapak Pemekaran, Bakal Calon Bupati 'Ngumpul'

Subang Utara
HUT PAMANUKAN: Mantan Bupati Subang, Ruhimat bersama tokoh Subang lainnya saat menghadiri acara HUT Pamanukan ke-114, pada Rabu (12/6). Ruhimat dianugerahi sebagai tokoh pemekaran Subang Utara. CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Puncak peringatan HUT ke-114 Pamanukan dihadiri sejumlah tokoh, Rabu (12/6). Mereka yang datang ke acara tersebut telah lama digadang-gadang sebagai bakal calon Bupati Subang.

Mantan Bupati Subang Ruhimat, politisi muda Subang Niko Rinaldo, Bos Urip, Neng Supartini, dan Asep Rochman Dimyati (ARD), hadir dalam acara tersebut.

Selain pesta rakyat, pada puncak peringatan HUT Pamanukan juga dilakukan pemberian apresiasi kepada Ruhimat, yang akrab disapa Kang Jimat sebagai Bapak Pemekaran Subang Utara oleh Presidium Pemekaran Subang Utara. 

Sesepuh Subang Utara, Mas Dikara, membacakan deklarasi, dan plakat penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum Forum Pemekaran Pantura Subang (FP2S), Sudi Hartono.

Tokoh politik muda Pantura, Niko Rinaldo menegaskan pentingnya peran historis Pamanukan bagi kemajuan Kabupaten Subang. 

Ia menyebut Pamanukan sebagai zona ekonomi strategis yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

“Saya mengapresiasi kawan-kawan Presidium Pemekaran Subang Utara yang memberikan penghargaan kepada H. Ruhimat sebagai Bapak Pemekaran Subang Utara. Komitmen beliau terhadap pemekaran ini patut diapresiasi,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ruhimat menyatakan dukungannya terhadap pemekaran wilayah Subang Utara. 

"Kita semua sepakat dan memberikan dukungan untuk terealisasinya Subang Utara," ungkap Ruhimat.

Diketahui, pemekaran wilayah Kabupaten Subang Utara telah mendapat persetujuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan DPRD Jawa Barat. 

Rapat paripurna yang digelar pada tahun 2023 menyetujui Subang Utara sebagai calon daerah persiapan otonom baru (CDPOB) di Jawa Barat. 

Pada saat menjabat sebagai bupati, Ruhimat mengungkapkan antusiasmenya terhadap pemekaran ini dan berharap seluruh tahapan dapat berjalan mulus.

Namun, kehadiran Ruhimat dalam acara HUT Pamanukan juga menimbulkan spekulasi terkait Pilkada Subang 2024. 

Kehadirannya bersama bakal calon bupati Subang, ARD, memunculkan tanda tanya mengenai potensi koalisi mereka. Meski sempat tidak bertemu lama, keduanya terlihat kompak dan berbincang hangat.

Menjelang Pilkada Subang yang akan berlangsung pada 27 November 2024, berbagai spekulasi mengenai koalisi partai politik semakin mengemuka. 

ARD telah resmi diusung oleh tiga partai, yaitu DPP Partai NasDem, DPP PAN, dan PPP. ARD juga terus melakukan komunikasi politik dengan berbagai parpol dan tokoh masyarakat.

Saat dikonfirmasi mengenai kemungkinan berduet dengan ARD dalam Pilkada mendatang, Ruhimat hanya menjawab dengan senyuman, menambah misteri mengenai rencana politik mereka.

Perayaan HUT Kecamatan Pamanukan ke-114 ini tidak hanya menjadi ajang merayakan hari jadi, tetapi juga momen penting dalam menguatkan komitmen dan dukungan terhadap pemekaran wilayah Subang Utara. (cdp/ysp)

 

 

Berita Terkait