News

Warga Karawang Sukses Jual Jus Buah Honje

Warga Karawang Sukses Jual Jus Buah Honje

KARAWANG - Kisah Rini Yuni Purnawati (44), seorang ibu asal Kabupaten Karawang yang sukses menjual jus dari buah honje. Honje sendiri merupakan buah dari bunga kecombrang yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

“Ini minuman rempah asli, kecombrang itu kan biasanya dipakai untuk sambal. Nah buahnya saya bikin jus. Ini bisa untuk mengobati kolesterol, membersihkan lambung, lebih kayak terapi,” ujarnya.

Di Karawang sendiri, lanjut dia, jus Honje ini baru tersedia di kedai miliknya Dapoer Amoera.

Selain itu, Rini mengungkapkan bahwa bahan yang diperlukan untuk produk minuman rempah ini cukup sulit. Bunga honje bisa ia dapatkan hanya dari Banjar dan Ciamis. Sehingga pemasarannya pun masih terbatas.

Meskipun begitu, jika dikalkulasi, perminggunya Rini berhasil memproduksi jus Honje sebanyak 200 botol dengan omset Rp12 juta rupiah perbulan.

“Sementara di Karawang cuman Dapoer Amoera aja yang produksi, satu-satunya. Dalam seminggu biasanya menghasilkan 200 botol, sebulan 800 botol, jadi omset kisaran 12 juta alhamdulilah,” ungkapnya.

Perbotolnya berukuran 250 mili, ia jual seharga Rp15.000 saja. Kemudian terdapat 2 jenis jus, yaitu jus Honje original dan jus Honje dengan cita rasa manis.

Ia menambahkan, mendapatkan keuntungan, tentunya ia bersyukur bisa menjual jus Honje yang langka namun bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

“Jusnya tahan 1 bulan, kalau di freezer tahan 6 bulan. Jus buah biasa udah banyak, jadi saya nyari yang unik,” katanya.

Dikatakan juga, pembuatannya memang agak rumit, dari mulai digiling, dibersihkan, diblender, disaring, di masak, ditiriskan. Dari pagi bisa sampe jam 9 malem. "Tapi hasilnya, ini aman untuk ibu hamil, ibu menyusui bahkan anak-anak. Bisa juga dikonsumsi setiap hari,” tutupnya. (use)

Tag :

Berita Terkait