News

X Bakal Hilangkan Tab Likes dari Profil Pengguna

X
Twitter/X akan hilangkan tab likes di profil pengguna. (ilustrasi Freepik)

PasundanEkspres - X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, akan menghapus tab 'Likes' dari profil penggunanya. Dengan demikian, pengguna lain tidak akan bisa melihat konten apa saja yang disukai oleh seseorang.

Perubahan ini pertama kali dilaporkan oleh MacRumors, yang menemukan flag di aplikasi X untuk iOS. Tak lama kemudian, Direktur Teknik X, Haofei Wang, mengonfirmasi laporan tersebut.

"Likes yang terbuka untuk publik memicu perilaku yang salah. Misalnya, banyak orang merasa ragu untuk menyukai konten yang mungkin 'edgy' karena takut ditroll oleh pengguna lain atau untuk menjaga citra publik mereka," kata Wang dalam postingannya di X, seperti dikutip dari MacRumors, Rabu(29/5/2024).

"Tidak lama lagi, kalian akan bisa menyukai konten tanpa khawatir siapa yang mungkin akan melihatnya," tambahnya.

Cuitan Wang merujuk pada postingan akun xDaily yang menampilkan screenshot halaman profil baru di X. Profil tersebut berisi tab Posts, Replies, Highlights, dan Media, tanpa tab Likes yang biasanya terletak di sisi paling kanan.

Perubahan ini membuat banyak pengguna X bertanya-tanya apakah kebijakan ini akan mempengaruhi siapa yang menyukai postingan mereka. Dalam postingan terpisah, Senior Software Engineer X, Enrique Barragan, memberikan penjelasan tambahan.

Barragan menjelaskan bahwa pengguna masih bisa melihat akun lain yang menyukai postingan mereka. Pengguna X juga masih bisa melihat jumlah likes di postingan dan balasan.

Namun, pengguna tidak akan bisa melihat siapa yang menyukai postingan orang lain, dan tab Likes yang memperlihatkan daftar konten yang disukai pengguna akan dihapus.

Sebenarnya, pelanggan X Premium sudah memiliki opsi untuk menyembunyikan tab Likes di profil mereka. Tetapi, perubahan ini tampaknya akan berlaku untuk semua pengguna, sehingga tab Likes akan dihapus sepenuhnya.

Belum diketahui kapan kebijakan baru ini akan dirilis untuk pengguna X. Sambil menunggu fitur ini diluncurkan, pengguna X bisa menyimpan konten yang disukai secara pribadi menggunakan fitur Bookmark.

Berita Terkait