News

Susno Duadji Pertanyakan 2 DPO Kasus Pembunuhan Vina Cirebon Dihapus: 2 Lagi Mana?

Susno Duadji Pertanyakan 2 DPO Kasus Pembunuhan Vina Cirebon Dihapus: 2 Lagi Mana?
Susno Duadji dalam podcast Deddy Corbuzier membahas kasus pembunuhan Vina Cirebon. (Foto: Screenshot YouTube Deddy Corbuzier)

PASUNDAN EKSPRES - Eks Kabareskrim Komjen (Purn) Susno Duadji mempertanyakan pernyataan penyidik Polda Jawa Barat yang menyebut 2 DPO kasus pembunuhan Vina Cirebon dihapus.

Deddy Corbuzier akhirnya membahas kasus Vina Cirebon yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan masyarakat.

Ia juga mengundang eks Kabareskrim Komjen (Purn) Susno Duadji untuk membahas kasus tersebut dalam podcast Deddy Corbuzier yang tayang di kanal YouTube Deddy Corbuzier, Selasa (28/5).

Dalam podcast tersebut, Deddy rupanya penasaran dengan rumor yang beredar di masyarakat bahwa salah satu DPO merupakan anak petinggi polisi.

Eks petinggi polisi itu juga mempertanyakan mengapa 2 dari 3 DPO yang diungkap oleh polisi malah tidak diusut.

"Digosipkan bahwa salah satu tersangka ini anak petinggi polisi?" tanya Deddy kepada Susno Duadji.

"Pertama begitu kan isunya karena lama tertangkap DPOnya, tapi sekarang justru korbannya anak polisi, tapi masih ada juga pertanyaan, DPOnya 3 kan, dan 3 DPO ini terungkap di pengadilan, tau-tahu kemarin diumumkan DPO hanya satu, nah dua lagi mana?" ucap Susno Duadji.

"Kata polisi, itu asal sebut. Nah, tidak boleh dong gitu. Kalau begitu kan ini merusak citra Polri. Polri berarti tidak cek and re-check dan kroscek," sambungnya.

Susno mengkritik kinerja penyidik Polda Jawa Barat yang tidak mengusut secara tuntas kasus Vina Cirebon ini.

Hal ini terlihat dari cara penyidik menerbitkan 3 DPO terhadap buronan kasus pembunuhan Vina Cirebon yang dinilai asal-asalan.

"Mestinya kan dicek, bener gak namanya ini, cari di alamat, kan buat DPO itu di alamat gak ketemu. Jadi DPO dibuat, setelah dicari tidak ketemu. Nah DPO itu, daftar pencarian orang, identitas lengkap yang buat polisi, bukan tersangka. Di foto masukkan, tidak perlu sketsa, sketsa itu untuk seseorang yang tidak jelas wajahnya atau identitas," ujar Susno.

Deddy pun penasaran apakah kasus Vina Cirebon ini bisa diusut sesegera mungkin atau bisa kian panjang.

"Tergantung, kalau Polri profesional dan dilapisi oleh hukum, cepat selesai. Kalau Pegi Setiawan pelakunya, ditanya para terdakwa, kenal nggak sama Pegi. Kalau mereka gak kenal dan mengatakan bukan pelaku berarti gugur," pungkas eks petinggi polisi itu. (inm)

Berita Terkait