News

Mahasiswa ITB Minimalisir Abrasi di Desa Cemarajaya Karawang

Mahasiswa ITB
KOORDINASI: Mahasiswa ITB koordinasi dengan berbagai elemen masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu. DICKY HALIM PERDANA/PASUNDAN EKSPRES

KARAWANG-Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar program pengabdian masyarakat di Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang Jawa Barat. Program yang berlangsung dari 29 Juni hingga 17 Juli 2024 ini, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan infrastruktur guna meminimalisir risiko bencana abrasi, banjir, rob, dan perubahan iklim di daerah pesisir.

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh pemuda, karang taruna, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang. Sekitar 50 warga ikut serta dalam kegiatan ini. 

Divisi Eksternal program ini, Rifa menyatakan, kegiatan peduli masyarakat pesisir dimulai pada Sabtu, 29 Juni 2024. "Kami bersama teman-teman dari ITB berkomitmen untuk mengabdi kepada masyarakat pesisir hingga 17 Juli," ujarnya.

Ia mengatakan, program ini merupakan inisiatif mahasiswa ITB untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan secara lintas keilmuan dan sektoral. "Kami memberikan edukasi dan bimbingan kepada anak-anak Sekolah Dasar Negeri serta membangun tanggul penahan ombak," katanya.

Dosen Teknik Geodesi ITB, Sella Lestari Nurmaulia, S.T., M.T., yang bertindak sebagai pembimbing menjelaskan, program ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi warga melalui berbagai bidang keilmuan.

"Mahasiswa kami belajar teori di kampus dan menerapkannya di lapangan, seperti di pesisir Desa Cemarajaya ini. Mereka mempelajari karakteristik wilayah dan memberikan solusi berdasarkan ilmu yang mereka pelajari," jelasnya.(dik/ery) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua