News

Guncangan Gempa di Pulau Jawa Mencapai Surabaya hingga Jogja Ternyata Ini Penyebabnya!

Guncangan Gempa di Pulau Jawa Mencapai Surabaya hingga Jogja
Gambar: titik lokasi gempa 6,1 SR di Tuban, Jawa Timur, pada Kamis 22 Maret 2024/ foto via Screenshot (X/infoBMKG)

PASUNDAN EKSPRES - Guncangan gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,0 baru-baru ini menggetarkan wilayah Tuban, Jawa Timur, pada Jumat 22 Maret 2024. 

Dampak gempa ini dirasakan dari Surabaya hingga Jogja dan sekitarnya. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut 132 km Timur Laut Tuban, terjadi pada pukul 11:22:45 WIB, dengan koordinat 5.74 LS, 112.32 BT, dan kedalaman 10 km, sesuai pemutakhiran data BMKG pukul 11:27:45 WIB.

Seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia pada Jumat 22 Maret 2024, analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini merupakan gempa dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif di laut Jawa, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. 

Mekanisme pergerakan gempa adalah geser (strike-slip), seperti yang terlihat dari hasil analisis mekanisme sumber.

Beberapa Daerah Yang Terkena Dampak Gempa di Pulau Jawa 

Dampak gempa ini terasa di beberapa daerah, antara lain Tuban dengan intensitas IV-V MMI (getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk), Bawean dengan intensitas III-IV MMI (dirasakan oleh banyak orang dalam rumah pada siang hari), serta daerah Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang, dan Yogyakarta dengan intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah seperti truk berlalu). Model pemodelan menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Selain itu, disarankan untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa, serta memeriksa dan memastikan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Dalam sorotan gempa yang mengguncang Jawa dari Surabaya hingga Jogja, kini kita melihat tabir di balik kekuatan alam tersebut telah terungkap.

Namun, sementara kita memahami penyebabnya, mari kita juga bersama-sama membangun kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di masa mendatang.

Dengan kerjasama dan kesadaran bersama, kita dapat meminimalisir dampak dan melindungi diri serta sesama dari ancaman gempa dan bencana alam lainnya.

Demikianlah informasi terkait guncangan gempa di Jawa mencapai Surabaya hingga Jogja, Terimakasih sudah membaca.

(hil/hil)

Berita Terkait