News

Instagram Perketat Perlindungan Remaja dari Bullying

Instagram
Instagram memperluas perlindungan remaja dari bullying. (ilustrasi freepik)

PasundanEkspres - Instagram memperluas dua fitur keamanannya dalam upaya meningkatkan perlindungan terhadap perundungan bagi remaja.

Dilansir dari Engadget, seperti yang dilihat pada Minggu (2/6/2024), Instagram telah mengubah cara membatasi dan melarang interaksi di aplikasinya untuk memberikan remaja cara-cara yang aman dalam menghadapi pelaku perundungan tanpa menimbulkan pembalasan lebih lanjut.

Dengan pembaruan ini, pengguna Instagram dapat membatasi interaksi pada postingan mereka hanya untuk teman dekat. Artinya, pengguna hanya akan melihat komentar, pesan langsung, tag, dan mention dari orang-orang yang ada di daftar teman dekat mereka.

Pengikut lainnya masih dapat berinteraksi dengan postingan tersebut, tetapi komentar dan pesan tersebut tidak akan terlihat oleh orang lain. Instagram sebelumnya memperkenalkan fitur pembatasan komentar sebagai upaya anti-bullying yang berfokus pada kreator pada tahun 2021 untuk mencegah pelecehan yang dialami oleh beberapa pemain sepak bola di Inggris.

Perubahan terbaru ini, menurut Instagram, lebih ditujukan kepada remaja yang berurusan dengan pelaku perundungan, tetapi mungkin ragu untuk menggunakan fitur blokir karena khawatir akan meningkatkan potensi konflik.

Untuk situasi di mana seseorang mungkin berurusan dengan satu pelaku intimidasi tertentu, Instagram membuat perubahan serupa pada fitur pembatasan. Pengguna akan dapat mencegah orang yang diblokir untuk menandai atau menyebut mereka. Komentar dari orang-orang yang berada di daftar terlarang juga akan secara otomatis disembunyikan dari pandangan orang lain.j

Pembaruan ini diluncurkan ketika Meta menghadapi pengawasan ketat atas penanganan keamanan remaja dan masalah lainnya. Perusahaan ini digugat oleh puluhan negara bagian tahun lalu karena diduga gagal melindungi pengguna termudanya dari aspek-aspek berbahaya dari layanannya.

Berita Terkait