News

Dandim Subang Amankan Program Ketahanan Pangan

Dandim 0605/Subang
BANTUAN: Dandim 0605/Subang, Letkol Inf Ahmad Zaki secara simbolis memberikan bantuan pompa air kepada kelompok tani Desa Tanjungsari Barat, Kecamatan Cikaum. CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Ketahanan pangan merupakan perhatian serius pemerintah karena pembangunan yang mantap tidak dapat terwujud tanpa adanya ketahanan pangan terlebih dahulu. Mengingat pentingnya hal ini, baik pemerintah maupun masyarakat harus bersinergi untuk mewujudkannya.

Dalam upaya mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0605/Subang, Letkol Inf Ahmad Zaki, memberikan bantuan pompa air dan pupuk organik kepada kelompok tani di Desa Tanjungsari Barat, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang.

"Penyerahan pompa air ini merupakan bagian dari program ketahanan pangan (Hanpangan) Kementerian, di mana TNI Angkatan Darat menjadi pendukung utama dalam upaya peningkatan ketahanan pangan secara nasional," jelas Letkol Inf Ahmad Zaki, Jumat lalu.

Dia mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat, terutama dalam menghadapi bencana El Nino yang diperkirakan mencapai puncaknya pada bulan Juli mendatang. 

Menurutnya, kegiatan yang diprakarsai oleh Kepala Desa Tanjungsari Barat ini diharapkan dapat membantu meningkatkan indeks panen dalam satu tahun, sehingga dapat mengurangi kesulitan yang dihadapi masyarakat setempat.

"Dengan adanya bantuan pompa air ini, kami berharap para petani dapat mengelola lahan pertanian mereka secara lebih optimal, sehingga produksi pangan meningkat dan mendukung kemandirian negara dalam menciptakan swasembada pangan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjungsari Barat, Zaenal Mutaqim mengucapkan terima kasih dan dukungan penuh terhadap program ketahanan pangan ini. 

Ia menjelaskan bahwa bantuan mesin pompa air yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

"Dengan bantuan mesin pompa air ini, para petani dapat lebih mudah mengairi sawah mereka, terutama saat musim kering. Penggunaan mesin pompa ini juga memungkinkan pembuatan irigasi buatan," jelas Zaenal.

Menurutnya, langkah ini penting untuk meningkatkan produksi padi serta mendukung upaya peningkatan produksi pangan dan pendapatan petani.

“Program bantuan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani di Kabupaten Subang, serta menjadi contoh bagi daerah lain untuk melakukan hal serupa,” pungkasnya.(cdp/ysp)

Berita Terkait