News

Wisuda ke-8, POLSUB Luluskan 186 Mahasiswa Yang Berdaya Saing

Politeknik Negeri Subang
Politeknik Negeri Subang  (POLSUB) secara resmi meluluskan 186 Mahasiswa Ahli Madya Diploma Tiga di Bale Dahana, Kabupaten Subang, Sabtu, 14 September 2024.

SUBANG-Politeknik Negeri Subang (POLSUB) secara resmi meluluskan 186 Mahasiswa Ahli Madya Diploma Tiga, Sabtu, 14 September 2024. Prosesi Wisuda Kedelapan yang berlokasi di Bale Dahana, Kabupaten Subang tersebut dipimpin secara langsung oleh Direktur dan Senat POLSUB serta dihadiri oleh orang tua dan wali para lulusan.

Para lulusan yang terdiri dari 47 mahasiswa Program Studi D3 Sistem Informasi, 41 mahasiswa Program Studi D3 Agroindustri, 42 mahasiswa Program Studi D3 Pemeliharaan Mesin, dan 56 mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan tersebut secara resmi mendapatkan galar Ahli Madya yang dikukuhkan oleh Direktur POLSUB, Oyok Yudiyanto, S.T., M.T.

Bahkan, 186 lulusan tersebut telah disiapkan oleh POLSUB untuk memiliki daya saing yang kompeten di dunia industri ataupun wirausaha. Oyok Yudiyanto menekankan bahwa POLSUB memiliki komitmen untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga terampil secara praktis dan beretika.

"Kami selalu menekankan pentingnya penguasaan keterampilan teknis, soft skills, serta sikap profesional yang kuat, sehingga lulusan Politeknik Negeri Subang dapat bersaing di dunia kerja dan berkontribusi nyata bagi pembangunan bangsa," jelas Direktur dalam sambutannya.

Hal tersebut tentu bisa dibenarkan berdasarkan laporan kelulusan dari Wakil Direktur I Bidang Akademik dan Kemahasiswaa, Wiwik Endah Rahayu, S.TP., M.Si. Menurutnya, 25 orang wisudawan POLSUB yang diwisuda saat ini telah memperoleh pekerjaan, berwirausaha maupun melanjutkan studi. Para lulusan yang kebanyakan diisi oleh Angkatan 2021 tersebut juga memiliki rata - rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang cukup bagus yaitu 3,40 dan 77 wisudawan berpredikat Cumlaude.

"Beberapa wisudawan sudah ada yang bekerja berwirausaha, sedangkan wisudawan yang lainnya sedang menunggu penempatan di berbagai perusahaan dan instansi pemerintah atau BUMN maupun swasta, baik yang berada di Subang atau di luar Subang. Selain itu juga merintis usaha mandiri," terang Wiwik Endah Rahayu.

Apresiasi juga disampaikan oleh Pejabat Bupati Subang yang diwakili oleh H. Rahmat Effendi, S.Sos.,M.Si. Menurutnya, POLSUB merupakan asset bangsa yang sangat berharga karena telah memberikan sumbangsih Sumberdaya Manusia, khususnya di Kabupaten Subang.

"Harapan kami, para lulusan bisa menjadi bagian dari lulusan yang siap menjawab semua tantangan zaman, khususnya dalam mengatasi berbagai macam persoalan nasional, khususnya di Kabupaten Subang," ungkap Asisten Daerah bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Subang.

"Terus kembangkan potensi diri, berani mengambil langkah perubahan, terutama untuk Subang yang lebih baik lagi. Selamat atas kelulusan kalian," kata H. Rahmat dalam sambutannya.

Dengan diwisudanya para lulusan tersebut, Oyok Yudiyanto juga berpesan kepada para lulusan Tahun Akademik 2023-2024 tersebut. Direktur mengatakan bahwa keunggulan kalian sebagai lulusan politeknik adalah pada keterampilan vokasional yang sangat dibutuhkan oleh industri.

Kalian telah dilatih dengan keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan di dunia kerja. Namun, saya juga ingin mengingatkan bahwa keterampilan teknis saja tidak cukup.

Oyok juga menambahkan bahwa dunia kerja saat ini juga menuntut kreativitas, kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, dan berpikir kritis. Oleh karena itu, teruslah belajar, kembangkan kemampuan kalian, dan jangan pernah merasa puas dengan apa yang telah dicapai.

"Sejak awal berdiri pada tahun 2014, POLSUB telah berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas, dengan fokus pada peningkatan keterampilan praktis dan aplikatif yang sesuai dengan kebutuhan industri. Maka, kami harap kalian bisa terus  mengembangkan diri, terutama di tengah perkembangan pesat teknologi dan kecerdasan buatan. Manfaatkanlah kemajuan teknologi ini untuk peningkatan diri, juga sebagai alat yang mendukung perkembangan karier dan kontribusi saudara bagi masyarakat," pesan Direktur.

Tak hanya itu, Direktur juga berterima kasih kepada para orang tua dan wali mahasiswa yang telah sukses mengantarkan anak mereka hingga bisa lulus dari POLSUB. "Di balik kesuksesan kalian, ada orang-orang yang turut berperan besar, yaitu orang tua, keluarga, dan teman-teman kalian, serta para dosen dan staf di Politeknik Negeri Subang yang senantiasa memberikan dukungan, bimbingan, dan motivasi," ungkap Direktur.(rls/znl). 

 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua