News

Peringatan HUT TNI AU ke-78, Lanud Suryadarma Akan Gelar RAOR

HUT TNI AU
OFFROAD: Kepala Dinas Potensi Dirgantara (Kadispotdirga) Lanud Suryadarma, Letkol Pom Tomy Wahyu (tengah) sast menyampaikan mekanisme offroad. CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 TNI Angkatan Udara, Lanud Suryadarma menggelar acara RAOR (Ranggawulung Adventure Extreme Offroad) dengan tema "Ecology - Sport - Tourism". Acara ini berlangsung mulai tanggal 24 hingga 26 Mei 2024.

Kepala Dinas Potensi Dirgantara (Kadispotdirga) Lanud Suryadarma, Kolonel Pom Tomy Wahyu menyampaikan, bahwa kegiatan offroad ini merupakan agenda tahunan yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah di Indonesia untuk memeriahkan HUT TNI AU.

"Ini agenda tahunan. Offroad ini selain sebagai kegiatan olahraga juga bertujuan melestarikan alam karena peserta diwajibkan melakukan penanaman pohon jenis Pornis dan Albasiah," terangnya.

Dia mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan wisata Subang dan membuka peluang investasi. 

"Area yang kita lintasi merupakan daerah perhutani dengan potensi wisata yang indah. Mungkin peserta bisa membuka investasi di Subang," kata Tomy.

Sementara itu, Ketua RAOR ke-12, Momo menjelaskan, jalur yang akan dilintasi peserta offroad adalah area perhutani dengan lintasan lumpur dan sungai. 

"Start dari Lanud Suryadarma dan finish di Sari Ater Campervan Park dengan panjang rute sekitar 30 km. Medannya cukup ekstrem dengan jalur berlumpur dan sungai," jelasnya.

Lanjut Momo, peserta atau offroader nantinya akan dibagi 2 trek. Hal tersebut agar tidak terjadi penumpukan kendaraan sehingga offroader akan sangat buat melintasi medan yang sangat ekstrem.

"Para peserta sebanyak 50 akan start mulai Jumat besok selama 3 hari, jadi nantinya para offroader ini akan menginap atau camping di hutan pada Jumat dan Sabtu malam. Minggu sore Finis di Sari Ater Campervan Park," ujarnya.

Momo menegaskan, panitia akan melakukan pengecekan maksimal baik dari segi kelayakan kendaraan, kesehatan peserta, hingga perlengkapan pendukung lainnya. 

"Kita harus siapkan semuanya dengan baik karena peserta akan berada di tengah hutan selama tiga hari," tuturnya.

Ia berharap kegiatan RAOR ini dapat meningkatkan olahraga offroad, mempromosikan wisata Subang, dan melestarikan hutan. 

"Semoga olahraga offroad semakin maju di Subang, potensi wisata Subang dengan keindahan alamnya ikut terpromosikan, serta diharapkan adanya investor yang berinvestasi setelah mengikuti kegiatan ini," harapnya. (cdp/ysp)

 

Tag :

Berita Terkait