News

Nelayan Pantura Subang Dukung Ono Maju di Pilgub Jabar

PDIP Jabar
DUKUNGAN: Tokoh Politik Pantura H. Adik bersama nelayan Pantura nyatakan dukungan kepada ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono untuk maju di Pilgub Jabar.

SUBANG-Dukungan terhadap Ono Surono untuk maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat semakin menguat. 

Nelayan Pantura dan sejumlah tokoh politik Pantura dengan tegas menyatakan dukungannya terhadap Ketua DPD PDIP Jawa Barat tersebut.

Darno, seorang nelayan Pantura, mengungkapkan harapannya kepada Ono Surono. Menurutnya, sosok Ono Surono adalah pemimpin yang diharapkan oleh nelayan.

"Sosok ini yang kami harapkan, kami butuh pemimpin yang benar-benar peduli kepada masyarakat, khususnya nelayan Pantura. Sebab gubernur-gubernur dulu belum ada yang peduli terhadap nelayan, makanya kita atau nelayan harus mendorong Mas Ono Surono maju di Pilgub Jawa Barat," ujarnya.

Menurut Darno, Ono Surono memiliki latar belakang sebagai nelayan, sehingga ia memahami betul kondisi dan kebutuhan nelayan. 

“Beliau sangat peduli kepada nelayan Pantura karena latarbelakang beliau dari nelayan," terangnya.

Darno bertekad akan berjuang semaksimal mungkin jika Ono Surono maju dalam pemilihan nanti. 

"Kenapa Ono Surono harus terpilih? Beliaulah sosok yang tepat untuk Jawa Barat. Kami tahu betul karakter beliau dan beliau memahami sifat serta kondisi nelayan," ungkapnya.

Sementara itu, tokoh politik Pantura, H. Adik juga menyampaikan dukungannya yang maksimal kepada Ono Surono. 

"Pastinya akan maksimal dukungan kepada Mas Ono Surono sebagai Ketua DPD PDIP Jawa Barat sekaligus bakal calon Gubernur Jawa Barat yang diusung oleh PDIP. Artinya secara culture juga hari ini Jawa Barat bagian utara ada putera daerah yang ikut mencalonkan, otomatis saya dengan culture yang sama pasti kita akan all out," ungkap H. Adik.

Adik menjelaskan, bahwa dukungannya tidak hanya didasarkan pada kesamaan budaya, tetapi juga karena Ono Surono telah meniti karier dari bawah dan memahami persoalan rakyat serta solusinya. 

"Harapannya, saya yakin, pada saat beliau diberikan amanat dan kepercayaan untuk memimpin Jawa Barat, akan ada upaya pencapaian dan keberhasilan baik dari sisi pertanian maupun kelautan khususnya di pengelolaan koperasi,” tuturnya.

Pria yang juga anggota DPRD Subang ini menyebut, Ono Surono dikenal sebagai tokoh nelayan Pantura. Ono Surono pernah menjabat sebagai Ketua Koperasi Perikanan Laut Mina Sumitra.

“Koperasi Laut Mina Sumitra ini adalah koperasi perikanan yang terbesar di Jawa Barat dari segi produksi ikan laut. Jadi kami ingin ada sosok gubernur dari Pantura yang memang betul-betul memperhatiakan dan mensejahterakan nelayan,” jelasnya.

Dalam bincang – bincang santai di kantor Jabar Ekspres, Ono menceritakan perjalanan hidupnya yang dimulai dari tanah kelahiran Kabupaten Indramayu. Ono kecil tumbuh di lingkungan nelayan Pantai Utara (Pantura). Ikan, jala dan kapal sudah menjadi pemandangan sehari-hari Ono. 

“Belakang rumah itu tempat lelang ikan,” ucapnya.

Ono menceritakan, sejak kecil ia juga sudah aktif dalam kegiatan di pelelangan ikan itu. Ia biasa ikut mengawasi bongkar muat ikan. Dari situ ia mendapat upah ikan yang kemudian dijual dan menjadi uang saku hariannya. Hingga di umur 22 ia sudah punya kapal nelayan sendiri dari hasil menabung.

Ono muda makin aktif dalam dunia nelayan. Iapun bergabung dalam koperasi di kampungnya itu. Ia terus tumbuh dari sekedar karyawan hingga menjadi ketua koperasi.

Perjalanan politik Ono dimulai dari gejolak politik era 90-an. Seperti peristiwa Kudatuli maupun gejolak Trisakti. Sehingga menyulut pemikiran dari keluarga untuk masuk dan mengambil peran dalam politik.(cdp/ysp)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua