News

Prabowo Rencanakan Tambah Anggaran Program Makan Siang dan Susu Gratis

Prabowo Rencanakan Tambah Anggaran Program Makan Siang dan Susu Gratis
Calon presiden nomor 2, Prabowo Subianto merencanakan menambah anggaran untuk program makan siang dan susu gratis. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Calon presiden nomor 2, Prabowo Subianto merencanakan menambah anggaran untuk program makan siang dan susu gratis.

Prabowo menyebut anggaran awal untuk program makan siang dan susu gratis sebesar 538 triliun per tahun itu perlu ditambah.

Hal itu disampaikan oleh capres nomor 2 dalam pidatonya di acara diskusi Industri Keuangan dan Pasar Modal dalam Road Map Menuju Indonesia Emas yang digelar oleh Relawan Genderang Indonesia Maju di Pacific Place, Jakarta pada Senin, 29 Januari 2024.

Prabowo menuturkan, program makan siang dan susu gratis ini pada awalnya ditargetkan untuk 82,9 juta orang yang terdiri dari siswa, santri, dan ibu hamil.

Namun, berdasarkan hasil pelaksanaan uji coba program tersebut di beberapa daerah, nyatanya tidak hanya siswa yang kekurangan gizi, namun para guru juga terdampak hal tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya ingin anggaran untuk program makan siang dan susu gratis ditambahkan jika memasukan guru sebagai daftar penerima manfaat program tersebut.

"Jadi saudara-saudara, makan siang itu sekitar hitungan kita mungkin nilainya itu, hitungan kita sampai sekarang USD 34 miliar (sekitar Rp 538 Triliun) tiap tahun, tapi belum dihitung guru. Kalau dihitung guru, nanti akan naik," ucap Prabowo Subianto dalam pidatonya.

Prabowo menyebut alasan guru perlu dimasukan ke daftar penerima manfaat program tersebut karena masih ada guru yang kekurangan gizi dan berpenghasilan rendah.

"Kita sudah coba pilot project di beberapa provinsi kita coba sudah dilaksanakan, berhasil. Tapi ada yang kita ketemukan, di beberapa daerah ternyata tidak hanya anak-anak, gurunya juga kurang gizi. Banyak guru-guru yang dapat penghasilan sungguh sangat rendah," ujar Menteri Pertahanan RI itu.

Tentunya, penambahan jumlah penerima manfaat program ini memerlukan penambahan anggaran, namun pihaknya belum menghitung berapa anggaran yang harus ditambah.

Diketahui, program makan siang dan susu gratis merupakan program unggulan dari pasangan capres- cawapres nomor 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang masuk dalam 8 program hasil terbaik cepat. (inm)

Berita Terkait