News

Hilal Tak Terlihat, Penentuan Awal 1 Ramadan 1445 Sah Jadi tanggal 12 Maret 2024!

1 Ramadan 1445
Dengan adanya hasil pers langsung dari sidang isbat penentuan tanggal 1 Ramadan 1445 akan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024 hari selesa lusa.

PASUNDAN EKSPRES - Penentuan awal Bulan Ramadan tahun 1445 H, salah satu proses rukyatul hilal ini, dilakukan di POB Cibeas, Kabupaten Sukabumi minggu 10 Maret 2024. Titik markaznya terletak di -7 derajat 4 menit 26 detik lintang selatan dan 106 derajat 31 menit 52 detik bujur timur.

 

Pukul 18:10 WIB, setelah matahari terbenam selama 5 menit 2,80 detik, proses rukyatul hilal dimulai. Tim yang bertugas melakukan rukyatul hilal terdiri dari beberapa tokoh terkemuka, antara lain H. Dede Sudanta (Ketua DHR Kabupaten Sukabumi), H. Deddy Wijaya (Kasi Bimais Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi), dan beberapa tokoh agama lainnya seperti KH. Aang Muhammad Yahya, KH. Anshori Fudholi, K.H Ismatullah Syarif, KH. Aceng Mahmud Ridwan, KH. Emboh Misbah, dan KH. Asep Saprudin. 

 

Tim juga melibatkan representatif dari berbagai lembaga, termasuk Tim Rukyat Hilal DHR Kabupaten Sukabumi, Tim Rukyatul Hilal Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, Tim Rukyat Hilal LF PCNU Kabupaten Sukabumi, serta KH. Ahmad Mubarak dari BHR Kota Sukabumi dan tim ahli dari Lembaga Falakiyah PCNU Kota Sukabumi.

 

Meskipun telah dilakukan dengan cermat, namun hasilnya mengecewakan. Hilal tidak terlihat. Dilaporkan bahwa proses rukyatul hilal dilakukan dalam kondisi mendung, dan ketinggian hilal berada di bawah 3 derajat.

 

Hasil rukyat ini telah dilaporkan kepada Kementerian Agama RI untuk dilakukan penentuan secara nasional oleh Menteri Agama. M Fakhri Napis, LF PCNU Kota Sukabumi, menjadi salah satu yang memberikan catatan terhadap proses ini.

Dalam sidang pengesah tanggal 1 Ramadan 1445 yang digelar oleh kementrian agama, M. Yaqut mengungkapkan "Penentuan tanggal 1 Ramadan 1445 H bermulai tanggal 12 Maret 2024, karena beberapa titik tempat rukyatul hilal melaporkan tidak melihat hilal" Jelasnya dalam memimpin pers isbat 10 Maret 2024.

Dengan adanya hasil pers langsung dari sidang isbat penentuan tanggal 1 Ramadan 1445 akan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024 hari selesa lusa. 

Demikian laporan yang kami terima! 

Terimakasih telah membaca!

Editor: Khoirul ansori

Berita Terkait