News

Peringatan BMKG Mengenai Ancaman Cuaca Ekstrem Selama Libur Lebaran 2024, Periksa Lokasinya!

Peringatan BMKG Mengenai Ancaman Cuaca Ekstrem
Foto: via screenshot freepik

PASUNDAN EKSPRES - BMKG telah mengemukakan peringatan tentang potensi bencana baru selama masa libur Lebaran tahun 2024 yang terus menerus mengancam sejumlah provinsi di Indonesia.

Cuaca ekstrem, terutama hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, diprediksi akan terjadi di wilayah-wilayah seperti Sumatra bagian utara hingga tengah, sebagian besar Jawa, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bagian tengah hingga selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

BMKG menekankan pentingnya kewaspadaan masyarakat terhadap potensi dampak cuaca ekstrem, termasuk puting beliung, hujan lebat yang disertai petir/kilat, hujan es, dan potensi bencana lainnya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, dan jalanan licin.

 

Daerah Terdampak Cuaca Ekstrem

 

Daerah-daerah yang berpotensi terdampak telah ditentukan untuk rentang waktu 9-10 April dan 13-15 April.

 

Selain itu, BMKG juga memperhatikan fenomena atmosfer seperti aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial yang berpengaruh di beberapa wilayah Indonesia dan gelombang atmosfer Kelvin yang juga diprediksi aktif di beberapa wilayah Indonesia.

 

Fenomena siklon tropis OLGA yang terpantau di Samudra Hindia selatan NTB juga dipantau karena berpotensi mempengaruhi cuaca di wilayah terdekatnya.

 

BMKG juga mencatat adanya daerah konvergensi dan konfluensi angin di sejumlah perairan Indonesia yang berpotensi mempengaruhi kondisi cuaca setempat.

 

(hil/hil)

Berita Terkait