News

Pekerja Tertimpa Tembok Roboh di Kramatjati, Ucapkan Syahadat Saat Dievakuasi

Tembok Roboh di Kramatjati
Kolase Foto Tribun Jakarta/Kompas.com

PASUNDAN EKSPRES - Seorang pekerja bernama Giri (22) dikabarkan meninggal dunia setelah tertimpa tembok rumah yang sedang direnovasi di Kramatjati, Jakarta Timur, pada Sabtu (27/4/2024). Kejadian ini terjadi saat Giri sedang bekerja di lokasi.

Menurut pemilik rumah, M, Giri sempat mengucapkan dua kalimat syahadat saat dievakuasi dari bawah reruntuhan tembok. "Korban nyebut 'laa ilaha illallah muhammadur rasulullah' pas dievakuasi," ungkap M kepada Kompas.com di lokasi, Minggu (28/4/2024).

Giri, yang merupakan perantau asal Cianjur, baru beberapa hari bekerja dengan M. Saat kejadian, Giri sedang bekerja ketika tembok tiba-tiba roboh dan menimpa dirinya. M yang tidak berada di sekitar lokasi saat kejadian, langsung bergegas ke lokasi setelah mendengar kegaduhan.

Di lokasi, M menemukan Giri dan pekerja lainnya, Waslam (64), tertimpa tembok roboh. M dan warga sekitar pun langsung membantu mengevakuasi mereka berdua.

Proses evakuasi Giri meninggalkan kesan mendalam bagi M, karena sepanjang proses evakuasi Giri terus mengucapkan dua kalimat syahadat. "Korban bisa dibilang mati syahid karena masih sempat mengucap 'laa ilaha illallah muhammadur rasulullah'," ungkap M.

Meskipun sempat dievakuasi dalam keadaan hidup, Giri dinyatakan meninggal di tempat. Sementara Waslam selamat, namun mengalami patah kaki.

Sebelumnya, Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasi Ops Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, menuturkan bahwa tembok kemungkinan roboh karena kurang kuat.

Giri mengalami patah tulang pada leher, kaki kanan, dan rusuk, sedangkan Waslam mengalami patah tulang kaki kanan. Para korban sempat dibawa ke RS Polri Kramatjati. Jasad Giri langsung dibawa pihak keluarga pada hari yang sama, sedangkan Waslam saat ini masih dirawat di rumah sakit.

Peristiwa robohnya tembok yang menimpa Giri dan Waslam ini menjadi pengingat pentingnya memperhatikan keselamatan kerja, terutama saat melakukan renovasi bangunan.

Berita Terkait