Olahraga

BWF Umumkan Daftar Atlet yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024, Indonesia Ada 6 Wakil

BWF Umumkan Daftar Atlet yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024, Indonesia Ada 6 Wakil
BWF telah mengumumkan daftar atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024, termasuk atlet Indonesia. (Foto: Instagram @timindonesiaofficial)

PASUNDAN EKSPRES - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah mengumumkan daftar atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 melalui laman resminya pada Jumat (10/5/2024).

Sebanyak 173 atlet yang dibagi ke dalam 5 sektor yang dipertandingkan yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran dipastikan lolos Olimpiade Paris 2024.

Adapun proses kualifikasi Olimpiade Paris 2024 yang dimulai pada 1 Mei 2023 dan berakhir pada 28 April 2024.

BWF pun merinci 173 atlet itu mencakup 166 kuota reguler yang terdiri dari 83 laki-laki dan 83 perempuan, 3 kuota universalitas dari International Olympic Committee (IOC) Tripartite Commission (dua laki-laki dan satu perempuan), serta satu tambahan kuota untuk atlet IOC Refugee Olympic Team, Dorsa Yavarivafa, yang partisipasinya telah dikonfirmasi awal bulan ini melalui pengumuman khusus oleh IOC.

Indonesia berhasil meloloskan 6 wakilnya yang siap menjalani kompetisi dan merebut medali emas di Olimpiade Paris 2024.

"Total 9 Atlet Badminton Tim Indonesia telah berhasil mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024. Tim Indonesia dipastikan akan mengirim atlet Badminton ke seluruh nomor pertandingan," tulis akun Instagram Tim Indonesia Official, @timindonesiaofficial, dikutip Selasa (14/3).

Sektor tunggal putra menjadi satu-satunya nomor yang memiliki dua wakil yaitu Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Gregoria Mariska Tunjung menjadi harapan bagi Indonesia di nomor tunggal putri serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang menjadi tumpuan bagi ganda campuran Indonesia.

Apriyani Rahayu yang sebelumnya pernah meraih medali emas dalam Olimpiade Tokyo 2020 kembali berpartisipasi di Olimpiade Paris 2024 bersama pasangan barunya, Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Terakhir, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi satu-satunya ganda putra Indonesia yang tampil di ajang olahraga dunia terbesar ini.

Adapun jadwal Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada 26 Juli-11 Agustus 2024, dimana cabang olahraga bulu tangkis akan dipertandingkan pada 27 Juli-5 Agustus 2024.

Fakta menarik lainnya dalam dunia bulu tangkis, sebanyak tiga negara dipastikan menjalani debut di Olimpiade Paris 2024 di cabor bulu tangkis.

Ketiga negara tersebut yakni El Salvador, Kazakhstan, dan Nepal yang diketahui meloloskan wakilnya di nomor tunggal putra.

Untuk mengetahui siapa saja atlet bulu tangkis Indonesia yang lolos, berikut daftar atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Daftar Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Tunggal Putra

1. Jonatan Christie

2. Anthony Sinisuka Ginting

 

Tunggal Putri

1. Gregoria Mariska Tunjung

 

Ganda Putra

1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

 

Ganda Putri

1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

 

Ganda Campuran

1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

 

Demikian informasi mengenai daftar atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. (inm)

Berita Terkait