Otomotif

Benarkah Teknologi Turbo NMax Baru Hanya Gimmick? Ini Hasil Test Ride DetikOto di Sirkuit Sentul!

Test ride Yamaha NMax Turbo. Foto: Doc. Yamaha
Test ride Yamaha NMax Turbo. Foto: Doc. Yamaha

PASUNDAN EKSPRES - Redaksi detikOto baru saja berkesempatan menjajal Yamaha NMax terbaru di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Tersedia tiga varian yang bisa dicoba, yaitu NMax Neo, Turbo Tech Max, dan Turbo Tech Max Ultimate.

Pada artikel ini, fokus utama kami adalah pada varian tertinggi, Turbo Tech Max Ultimate.

Dilihat dari desain Agresif yang Makin Nyaman

Kesan pertama saat melihat Yamaha NMax Turbo adalah agresif dan sporty. Desainnya jauh lebih tajam dibandingkan generasi sebelumnya, namun tetap dalam proporsi yang pas. Lampu depan dan belakangnya modern, windshield tajam, dan tarikan garis fairing yang tegas.

Duduk di atas NMax Turbo terasa berbeda. Dengan tinggi 170 cm, saya sedikit jinjit saat duduk di posisi sentral. Tapi, dengan maju sedikit, kaki bisa menapak sempurna. Ternyata, NMax Turbo memang lebih tinggi 40 mm dibandingkan NMax lama. Joknya pun 5 mm lebih tinggi dan ground clearance-nya bertambah 11 mm.

Walaupun lebih tinggi, NMax Turbo justru lebih nyaman untuk perjalanan jauh. Posisi setang yang agak ke atas membuat pengendara tidak mudah lelah.

Bagaimana dengan Turbo-nya?

Banyak yang bertanya-tanya, apakah teknologi "turbo" di NMax baru ini hanya gimmick marketing? Jawabannya, tidak sepenuhnya.

Benar bahwa "turbo" di NMax bukanlah turbocharger seperti pada mobil yang memanfaatkan gas buang. "Turbo" di sini adalah singkatan dari Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT), di mana pabrikan mengganti peran roller dengan modul elektrik di bagian transmisinya.

Tetapi pada pengujian di lintasan, sensasi "turbo" bisa dirasakan dengan jelas. Ada dua mode berkendara: T (town) dan S (Sport). Ketika beralih dari mode T ke S dalam kondisi konstan, motor mendapatkan tambahan "nafas" hingga 1.000 rpm.

Sensasi "turbo" semakin terasa dengan fitur Y-Shift yang terdiri dari tiga level: low, mid, dan high. Fitur ini membuat motor yang matic terasa seperti manual. Saat akselerasi, putar tuas gas dalam-dalam, kemudian naikan level Y-Shift pelan-pelan ke level dua dan tiga. Motor akan terasa mendapatkan tambahan tenaga.

Di sisi lain, saat deselerasi dan rpm menurun, motor akan mendapatkan sensasi engine-brake ketika level Y-Shift ditambah.

Dengan tambahan fitur "turbo" dan Y-Shift, mengendari NMax baru terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Sensasi seperti mengendarai motor manual pada matic ini menjadi nilai jual utama NMax terbaru.

Bagi pecinta motor matic yang menginginkan performa dan sensasi berkendara yang lebih sporty, Yamaha NMax Turbo patut dipertimbangkan.

Berita Terkait