PASUNDAN EKSPRES - Akhirnya, setelah sekian lama ditunggu, Yamaha Indonesia resmi meluncurkan generasi terbaru dari NMAX, yaitu NMAX Turbo.
Banyak yang penasaran dengan teknologi Turbo yang digunakan, dan ternyata memang benar-benar ada Turbo meskipun berbasis pada CVT, bukan ruang bakar.
Yuk, kita bedah detail dari motor ini.
Launching Yamaha NMAX Turbo, Inovasi dan Teknologi Terkini
-
Varian dan Harga
Yamaha NMAX Turbo hadir dengan lima varian baru:
- NMAX Neo (versi paling basic dengan kunci manual): Rp 32,7 juta.
- NMAX Neo S: Rp 33,7 juta.
- NMAX Turbo: Rp 37,7 juta.
- NMAX Tex Max (varian premium): Rp 43 juta.
- NMAX Turbo Tex Max Ultimate: Rp 45 juta.
-
Desain dan Fitur Baru
Bagian Depan: Lampu depan menggunakan proyektor LED ganda yang memberikan tampilan modern dan terang. Windshield lebih tegak dan lebar untuk mengurangi terpaan angin ke pengendara.
Bagian Samping: Desain bodi lebih ramping dan dinamis, mirip dengan XMAX. Terdapat lekukan baru yang memberikan kesan berotot.
Bagian Belakang: Lampu belakang baru dengan desain yang lebih tajam. Lampu sein ditempatkan di bagian bawah.
Konsol Instrumen: Layar TFT dengan fitur navigasi Garmin, informasi RPM, mode berkendara (T Mode untuk ekonomis, S Mode untuk sport), koneksi musik, dan pengaturan lainnya.
-
Teknologi Yamaha Electronic CVT (Y-CVT)
Electronic CVT: Tidak lagi menggunakan roller, tetapi digerakkan oleh motor listrik kecil yang dikontrol oleh Transmission Control Unit (TCU). Ini memungkinkan perubahan rasio transmisi yang lebih presisi.
Mode Turbo Wift: Terdapat tiga tingkat (Low, Medium, High) yang bisa diatur melalui tombol. Fitur ini membantu meningkatkan akselerasi pada saat menyalip atau tanjakan.
Engine Brake: Fitur ini membantu dalam deselerasi dengan memberikan efek pengereman mesin saat menuruni jalan.
-
Mesin dan Performa
Mesin 155 cc: Mesin baru dengan crankcase dan kepala silinder yang di-upgrade. Meskipun power tetap sama, torsi meningkat dibandingkan versi sebelumnya.
Teknologi Hidraulis: Menggunakan tensioner rantai keteng hidraulis untuk performa lebih stabil.
-
Kenyamanan Berkendara
Suspensi: Suspensi belakang dengan sub tank dan pre-load adjustment untuk kenyamanan ekstra.
Posisi Berkendara: Tetap mengedepankan kenyamanan dengan posisi duduk yang lega dan ruang kaki yang luas.
NMAX Turbo dengan teknologi Y-CVT memberikan sensasi berkendara yang lebih responsif dan nyaman.
Meskipun fitur Turbo lebih pada gimmick untuk meningkatkan akselerasi CVT, namun tetap memberikan manfaat nyata pada performa motor.
Varian Tex Max dan Tex Max Ultimate menawarkan fitur premium dengan harga yang kompetitif.
Bagaimana menurut kalian tentang Yamaha NMAX Turbo terbaru ini?
Apakah sesuai dengan ekspektasi kalian?