Raket

Jelang Olimpiade Paris 2024, PBSI Terapkan Karantina Bagi Tim Bulu Tangkis Indonesia

Jelang Olimpiade Paris 2024, PBSI Terapkan Karantina Bagi Tim Bulu Tangkis Indonesia
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Ricky Soebagdja. (Foto: laman resmi PBSI)

PASUNDAN EKSPRES - Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menerapkan karantina bagi tim bulu tangkis Indonesia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Ricky Soebagdja dalam jumpa pers di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta pada Rabu (26/6).

Dia memastikan para atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 dalam kondisi prima, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Oleh sebab itu, PBSI menerapkan karantina bagi atlet jelang pesta olahraga empat tahunan itu di Paris, Perancis.

"Dengan sisa waktu yang ada, kami akan berangkat ke Chambley pada 13 Juli, meliputi atlet, pelatih, dan tim pendukung untuk masuk ke camp sebelum nantinya ke athlete village," ucap Ricky kepada awak media, dikutip dari Disway, Kamis (27/6).

Adapun program karantina ini dilakukan agar para atlet dapat fokus menjalani latihan dan recovery jelang persiapan olimpiade yang digelar pada bulan Juli nanti.

Ricky menjelaskan, tim bulu tangkis Indonesia menjalani sejumlah serangkaian tes fisik yang hasilnya cukup baik dan mengalami kemajuan yang signifikan berdasarkan data-data yang tercatat.

"Kita harus betul-betul fokus agar pemain dapat berlatih dengan nyaman dan baik untuk menjaga performa mereka," ujarnya.

Adapun Direktur Teknik Tim AdHoc PBSI, Christian Hadinata menuturkan, bahwa pola latihan tim yang ketat sangat penting dalam mengasah keterampilan mereka dan mengatasi segala kekurangan yang perlu ditingkatkan.

"Apa yang menjadi kekurangan dan kelemahan sudah diantisipasi dengan baik, mulai dari servis, penempatan bola, dan lainnya," ujar legenda bulu tangkis Indonesia itu.

Hadinata berharap para atlet dapat mengimplementasikan latihan-latihan teknis dan memperbaiki apa yang harus diperbaiki di lapangan, baik itu karantina di Pelatnas maupun latihan di Paris.

Adapun mantan ganda putra bulu tangkis itu mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan dan mental jelang Olimpiade Paris mendatang.

"Dengan kondisi fisik yang bugar, sehat dan fit, harapannya mereka bisa mencapai peak performance di Olimpiade," pungkasnya.

Sementara itu, tim bulu tangkis Indonesia mengirimkan 6 wakilnya ke Olimpiade Paris 2024 dari 5 nomor, yakni Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Gregoria Mariska Tunjung, Fajar Alfian/M Rian Ardianto, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Rinov Rivaldy/Pitha H Mentari.

Adapun perhelatan Olimpiade Paris 2024 akan digelar pada 26 Juli-11 Agustus 2024 di Paris, Perancis.

Untuk cabang olahraga bulu tangkis akan dipertandingkan pada 27 Juli-5 Agustus 2024. (inm)

Berita Terkait