Sains

Ini Dia Rata-rata Suhu di Asia Tenggara, Indonesia Berapa Derajat?

Ini Dia Rata-rata Suhu di Asia Tenggara, Indonesia Berapa Derajat?
Ini Dia Rata-rata Suhu di Asia Tenggara, Indonesia Berapa Derajat? (Image From: Pexels/Lukas)

PASUNDAN EKSPRES - Rata-rata suhu di Asia Tenggara ini menjadi salah satu penyebab mengapa cuaca menjadi tidak menentu.

Tidak dibantah lagi, bahwa saat ini satu dunia tengah dilanda cuaca ekstrem yang cukup mengerikan, salah satunya terjadi di Indonesia sendiri. Dalam satu hari, terkadang Indonesia akan dilanda teriknya matahari yang terasa begitu dekat.

Kemudian, hari berikutnya terjadi hujan deras dengan badainya. Hingga hal tersebut mengakibatkan perubahan suhu. Apalagi, diduga bahwa cuaca di Indonesia ini masih akan terjadi selama beberapa minggu ke depan. 

Rata-rata Suhu di Asia Tenggara 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa Indonesia masih berpotensi mengalami curah hujan yang sangat tinggi, yang kemudian akan dilanjutkan dengan serangan gelombang panas (heat wave) dalam beberapa minggu ke depan. 

Fenomena ini saat ini sudah terjadi di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Thailand. BMKG memperkirakan hampir seluruh wilayah di Indonesia akan mengalami curah hujan yang tinggi hingga pertengahan Juli 2024.

Berdasarkan data yang dihimpun dari library Pandas. dikutip GoodStats, Senin (24/6), suhu rata-rata tahunan di Indonesia ternyata berada di tengah-tengah negara-negara Asia Tenggara lainnya. Suhu di Indonesia tidak terlalu dingin, namun juga tidak terlalu panas.

BACA JUGA: Fenomena Langka! Asteroid Apophis Akan Terlihat dengan Mata Telanjang pada 2029

BACA JUGA: Pengaruh Dukungan Ibu terhadap Kecerdasan Anak Sejak Dini

Berdasarkan data yang dihimpun, Brunei Darussalam merupakan negara dengan suhu tertinggi di Asia Tenggara, dengan suhu rata-rata tahunan mencapai 26,9 derajat Celcius. Meskipun demikian, secara global Brunei Darussalam hanya berada di posisi ke-23 sebagai negara terpanas di dunia.

Posisi kedua negara dengan suhu tertinggi di Asia Tenggara ditempati oleh Kamboja, dengan selisih suhu yang sangat tipis dengan Brunei Darussalam, yaitu berada di angka 26,8 derajat Celcius.

Kemudian di urutan ketiga ada Singapura dengan suhu rata-rata tahunan sebesar 26,5 derajat Celcius. Peringkat keempat ditempati oleh Thailand dengan rata-rata suhu tahunan di tahun 2024 ini adalah 26,3 derajat Celcius.

Sementara itu, Indonesia bersama dengan Filipina berada di peringkat kelima dengan rata-rata suhu sebesar 25,9 derajat Celcius. Berikut daftar rata-rata suhu negara di Asia Tenggara 

  • Brunei Darussalam - 26,9 Derajat Celcius 
  • Kamboja - 26,8 Derajat Celcius 
  • Singapura - 26,5 Derajat Celcius 
  • Thailand - 26,3 Derajat Celcius 
  • Filipina - 25,9 Derajat Celcius 
  • Indonesia - 25,9 Derajat Celcius 
  • Malaysia - 25 Derajat Celcius 
  • Vietnam - 24,5 Derajat Celcius 
  • Laos - 22,8 Derajat Celcius 
  • Myanmar - 13,1 Derajat Celcius 

Sementara itu, secara global, negara-negara dengan suhu rata-rata tertinggi di dunia mayoritas berada di benua Afrika. Mali menjadi negara dengan rata-rata suhu tahunan tertinggi di dunia, mencapai 28,3 derajat Celcius.

Kondisi yang serupa juga terjadi di Burkina Faso, negara tetangga Mali. Hal ini tidak mengejutkan karena kedua negara tersebut memang terletak di wilayah Gurun Sahara di benua Afrika.

(ipa)

Berita Terkait