Selebriti

Skandal Burning Sun Dirilis BBC, Terungkap Mendiang Goo Hara Jadi Saksi Kunci Kasus Tersebut

Skandal Burning Sun Dirilis BBC, Terungkap Mendiang Goo Hara Jadi Saksi Kunci Kasus Tersebut
Goo Hara KARA terungkap menjadi saksi kunci kasus Skandal Burning Sun pada 2019. (Foto: berbagai sumber)

PASUNDAN EKSPRES - Goo Hara KARA terungkap menjadi saksi kunci kasus Skandal Burning Sun yang pernah menghebohkan jagat Kpop pada tahun 2019.

Media sosial dihebohkan dengan Skandal Burning Sun yang kembali mencuat usai tim investigasi BBC World Service merilis film dokumenter berjudul "Burning Sun: Exposing the secret K-pop chat groups" dalam kanal YouTube BBC World Service pada Minggu (19/5).

Film dokumenter tersebut mengungkap bagaimana dua jurnalis perempuan Korea mengungkap skandal s3ks yang melibatkan bintang K-Pop terkemuka.

Film dokumenter ini mengungkapkan rincian kejahatan yang belum pernah dilihat sebelumnya, termasuk orang-orang yang terlibat dalam kasus kejahatan penyebaran video s3ks ilegal (molka).

Terungkapnya skandal Burning Sun ini menjadi kasus yang menghebohkan dunia Kpop pada tahun 2019 dimana sederet nama idol seperti Seungri eks Bigbang, Choi Jonghoon eks FT Island, dan penyanyi Jung Joon Young terlibat dalam kasus tersebut.

Rupanya, mendiang Goo Hara KARA turut berperan penting dalam mengungkap kasus tersebut.

Dalam film dokumenter tersebut, reporter Kang menceritakan bagaimana Goo Hara, yang mengenal Jonghoon sejak masa rookie, yang diketahui memiliki koneksi dengan Jung Joon Young dan Seungri, menghubunginya untuk menawarkan bantuan.

Hara mencurigai temannya, Jonghoon yang melihat hal-hal aneh di ponselnya dan ponsel selebriti lainnya.

"Nona Jurnalis (Kang), ini Hara. Saya benar-benar ingin membantu Anda. Orang-orang itu punya banyak hal mencurigakan di ponsel mereka. Apa yang Anda katakan semuanya benar. Apa ada yang bisa saya bantu?" ucap reporter Kang, dilansir dari Allkpop, Senin (20/5).

Lebih lanjut, reporter Kang bertanya pada Hara apakah dia punya informasi tentang hubungan kelompok tersebut (orang-orang yang terlibat skandal) dengan petugas polisi senior agar bisa membantu mengungkap lebih banyak tentang kasus tersebut. 

Hara kemudian menghubungi Jonghoon, mencari informasi lebih lanjut tentang situasinya.

Reporter Kang akhirnya dapat merekam percakapan yang mengarah pada hal penting dalam kasus ini, termasuk tentang obrolan grup KakaoTalk ilegal.

Tidak hanya itu, keberanian Goo Hara menjadi saksi kunci membuat Jonghoon dapat mengungkap nama petugas polisi, Yoon Gyu Geun, yang membantu mengungkap kasus ini.

"Hara adalah wanita yang sangat berani. Dia juga mengatakan kepadaku, 'Aku juga korban dari revenge p0rn.'", ungkapnya.

Diketahui, Hara juga pernah menjadi korban pemerasan yang dilakukan mantan pacarnya yang mengancam akan merilis video s3ks yang diambil tanpa persetujuannya.

Usai dirilisnya film dokumenter skandal Burning Sun itu, banyak netizen yang memuji keberanian Goo Hara setelah mengetahui sejauh mana sebenarnya perannya dalam memberikan keadilan kepada para korban. (inm)

Berita Terkait