Selebriti

Demi Bela Palestina, Reality Club Batal Manggung di SXSW Festival

Demi Bela Palestina, Reality Club Batal Manggung di SXSW Festival
Reality Club batal manggung di SXSW Festival demi membela Palestina. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Reality Club batal manggung di SXSW Festival demi membela Palestina.

Band asal Jakarta, Reality Club dikabarkan batal tampil di South by Southwest Music Festival (SXSW) 2024 yang digelar di Austin, Amerika Serikat.

Rencananya, Reality Club bakal manggung di SXSW Festival pada 14-15 Maret 2024.

Hal ini disampaikan Reality Club melalui pengumuman resmi mereka pada Kamis, 14 Februari 2024 di media sosial resmi band tersebut.

Dalam pengumuman tersebut, baru diketahui ternyata sponsor utama SXSW berasal dari Angkatan Darat Amerika Serikat yang diduga memasok senjata untuk agresi Israel ke Palestina.

Oleh karena itu, Reality Club memutuskan mundur dari festival tersebut demi membela Palestina.

"Berdasarkan informasi terkait Angkatan Darat AS sebagai sponsor utama SXSW dan partisipasi kontraktor pertahanan yang memproduksi dan memasok senjata yang dipakai untuk menyerang warga Palestina, kami telah memutuskan untuk menarik diri dari pertunjukan SXSW kami," tulis Reality Club dalam akun Instagram @realityclub, Kamis (14/3/2024).

Mereka menjelaskan, bahwa keputusan Reality Club mengundurkan diri ini tidak mudah, mengingat tampil di SXSW Festival adalah impian mereka sejak lama.

Sebelumnya, Reality Club sempat diundang tampil di SXSW Festival pada tahun 2020, namun batal karena pandemi covid-19.

Kemudian, mereka diberikan kesempatan untuk tampil di festival musik bergengsi ini di tahun 2024, namun harus berlapang dada menarik diri dari acara ini.

"Sesuai dengan hati nurani kami tidak dapat tampil di SXSW di Austin pada 14 dan 15 Maret 2024. Kami menolak untuk dikaitkan dengan pihak yang terlibat dalam genosida di Palestina," ucap mereka.

Reality Club pun meminta penggemarnya untuk mengerti keputusan yang mereka ambil.

Meski mereka batal tampil di SXSW Festival, Reality Club masih melanjutkan turnya di Amerika Utara.

"Kami memiliki 3 kota tersisa dan kami akan memberikan yang terbaik seperti biasanya. Terima kasih atas dukungan dan pengertian Anda mengenai masalah ini," tutupnya.

Diketahui, Reality Club semula akan dijadwalkan tampil dalam FRIENDS:FOREVER yang menampilkan 40 musisi dari Asia dan diaspora Asia yang diketahui menjadi acara Asia terbesar sepanjang sejarah SXSW. (inm)

Berita Terkait